Kembangkan Xmart City, XL Gandeng Pemda NTB

IMAG0470Lombok –  Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk mempercepat pembangunan di berbagai wilayah, baik wilayah terpencil maupun perkotaan, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali hadir lewat program Smart City-nya. Kali ini, operator terbesar kedua di Indonesia itu menggandeng Pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membangun kota pintar (smart city) yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan sehari-hari masyarakat setempat melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK).

Selain penyediaan infrastruktur, seperti diungkapkan Dian Siswarini, Wakil Presiden Direktur XL, XL juga akan mencari cara agar dapat membantu memajukan potensi-potensi yang ada di pulau Lombok. Hal ini sejalan dengan rencana Pemerintah (khususnya Kominfo) untuk mewujudkan Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Mobile Plan).

“Melalui kerjasama ini, kami berharap XL dapat membantu Pemda NTB dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada,” kata Dian dalam peresmian Xmart City di NTB, Kamis (26/02/2015).

Dalam hal ini, XL mengaku siap dilibatkan dalam perencanaan kota, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. XL juga akan memaksimalkan kualitas jaringan 3G di seluruh kota. Dengan demikian, selain memecahkan masalah perkotaan secara terintegrasi , solusi XL Xmart City juga akan berkontribusi menjadikan kota-kota di pulau Lombok sebagai salah satu kota pintar di Indonesia.

Sebagai tahap awal, kemitraan XL dengan Pemda NTB ini akan meliputi beberapa kegiatan, di antaranya penyediaan fasilitas website bagi panti asuhan, rumah yatim, dan membantu pengembangan bisnis online lewat Elevania bagi masyarakat di pulau Lombok. Untuk penyediaan fasilitas website, akan diawali terlebih dulu dengan projct pilot di kota Mataram dan di ibukota kabupaten yang ada di Lombok.

Ke depannya, kerjasama XL dan Pemda NTB ini akan diperluas dengan prpgram-program lainnya, seperti penyediaan akses online untuk mendukung program pajak online, program dakwah online, penyediaan layanan Location based servis (LBS), program less cash XL XL Tunai, program. Listrik meter pintar SIMPLY, Serrano program data back up melalui sistem komputasi swan (XCloud).

Saat ini, XL juga aktif mengenalkan konsep XL Xmart City ke berbagai kalangan, termasuk perguruan tinggi, bisnis dan juga komunitas UKM.  Selain itu, XL juga akan ikut mendorong berkembangnya industri kreatif, termasuk pengembang konten dan aplikasi mobile. (Ida/MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI