Instruktur Bernama ‘Grasp’ Ini Menempel di Bahu Anda

GraspJAKARTA – Pernahkah Anda membayangkan, memiliki instruktur yang terus menerus memberikan arahan dari bahu Anda, entah itu saat Anda berbicara, memasak, ataupun yang lainnya? Aneh memang. Tapi, instruktur di bahu memang benar-benar ada.

Seperti dikutip dari Engadget, Senin (23/02/2015), ada sebuah perangkat wearable yang berfungsi sebagai instruktur bagi pembelajar yang ingin fokus mempelajari sesuatu seperti bahasa. Nama wearable ini, Grasp. Dan uniknya, ditempatkan di bahu dengan sebuah pengikat khusus.

Dengan demikian, Grasp akan menempel di bahu Anda dan berfungsi seperti burung kakatua. Fungsinya sendiri adalah memonitor apa yang Anda lakukan dan memperbaiki kesalahan Anda atau memberikan instruksi dikarenakan memiliki mic, kamera dan penunjuk laser.

Semua fungsi Grasp menggunakan tenaga Arduino Yun, sehingga pembelajaran secara remote dapat berjalan real time.

Menurut pencipta Grasp, desainer asal Kopenhagen Denmark, Akarsch Sanghi, tool ini dikembangkan dengan alasan mempelajari keterampilan baru kadang membutuhkan instruktur yang terlibat secara fisik dan emosional. Dahulu ada Google Helpouts untuk hal ini, tapi Google menutup layanan ini pada 20 April mendatang.

Hal ini mendorong Sanghi mengembangkan Grasp. Sayangnya, Grasp bukan untuk produksi masal. Jadi hanya mereka yang berminat sajalah bisa mendapatkan akses pembelian. Nah, apakah Anda salah satunya? [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI