AnTuTu: Galaxy S6 Bakal Tercepat di Dunia

Samsung Galaxy S6 desain rumorsJAKARTA – Samsung hampir pasti akan mengumumkan smartphone Galaxy S6 pada 1 Maret mendatang di Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol. Flagship terbaru Samsung ini diklaim akan menjadi ponsel tercepat di dunia.

Dunia kini tengah menanti kejutan apa yang akan dihadirkan Samsung lewat perangkat terbarunya, Galaxy S6. Dari beberapa bocoran sebelumnya, terungkap Samsung akan mengusung desain baru untuk flagship barunya itu. Tapi apakah cuma itu?

Situs benchmark AnTuTu mengungkap tak hanya soal desain, karena Galaxy S6 juga menjanjikan performa yang jauh lebih baik. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan benchmark AnTuTu terhadap ponsel yang diduga adalah Galaxy S6, performanya jauh melesat meninggalkan smartphone premium lainnya.

Seperti telsetNews kutip dari Phone Arena, Rabu (11/2/2015), dalam pengujian AnTuTu, ponsel yang diduga Galaxy S6 berhasil mencatatkan skor 60.978. Skor tersebut menjadi yang tertinggi saat ini.

Galaxy S6 skor AnTuTu BenchmarkBerdasarkan pengujian AnTuTu terhadap beberapa ponsel sebelumnya, skor tertinggi dicatat Galaxy Alpha yang hanya mampu mencapai skor 50.829. Skor yang dicapai Galaxy S6 juga jauh di atas Mi Note yang hanya berhasil mencatat skor 46.714. Padahal smartphone andalan Xiaomi ini sudah menggunakan Snapdragon 810.

Menurut beberapa analis menyebutkan bahwa tingginya performa Galaxy S6 itu disebabkan oleh pabrikasi chip Exynos 7420 yang tertanam di flagship Samsung itu sudah 14 nm. Sedangkan Snapdragon 810 yang merupakan chip andalan Qualcomm masih menggunakan pabrikasi 20 nm.

Namun performa ciamik Galaxy S6 tak hanya karena chip Exynos 7420 saja, tapi juga karena didukung chip grafis Mali-T760. Tingginya skor yang dicatat Galaxy S6 sebagian besar didapat dari peningkatan performa di sisi grafis. Peningkatan bisa dibandingkan dengan Exynos 5433 yang diusung Galaxy Note 4.

Seperti diketahui, Samsung telah menolak menggunakan Snapdragon 810, dan memastikan Galaxy S6 akan menggunakan chip buatan sendiri, Exynos 7420. Sejumlah analis menduga Samsung benar-benar serius menyiapkan chip Exynos yang akan mengotaki Galaxy S6, terutama di sisi performa.

Selain mengungkap performanya, situs AnTuTu benchmark juga mengungkap spesifikasi yang akan diusung Galaxy S6. Smartphone ini akan memiliki bentang layar seluas 5,1 inch dengan resolusi QHD (2560×1440 pixel). Sementara jeroannya akan memakai prosesor Exynos 7420 dan chip grafis Mali-T760, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, kamera utama 20 MP dan kamera depan 5 MP.

Spesifikasi ini tentunya belum bisa dipastikan 100% benar. Karena itu, sebaiknya kita tunggu hingga nanti Samsung merilis Galaxy S6 secara resmi, yang kemungkinan besar pada tanggal 1 Maret mendatang di ajang MWC. [HBS]

Galaxy S6 spec di AnTuTu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI