Sony Action Cam HDR-AS100VR

resize2

Sony memiliki caranya sendiri dalam menghadapi persaingan kamera video untuk olahraga ekstrem, yang notabene didominasi oleh kamera-kamera besutan GoPro. Kali ini Sony Hadir dengan produk terbarunya dengan tipe HDR-AS100VR yang dilengkapi dengan Live View-nya secara terpisah.

Harga ± Rp 5.799.000 jutaan

Design

Bentuknya yang mungil dengan dimensi 24.2 x 46.5 x 81.5mm, dapat memudahkan Anda meletakan dimana saja seperti di Helm, Sepeda, Skateboard atau lainnya yang berbau olahraga ekstrim. Kalau kami perhatikan bentuknya yang oval sedikit diperpanjang dan ditambahkan kepala untuk lensa bentuknya seperti pistol. Dibagian samping terdapat display dan dua tombol navigasi untuk pengaturan dan sangat memudahkan.

Pada dasarnya action cam ini sangat ringan 92 gram dan mudah ditempatkan dimana saja dan tidak perlu tempat khusus untuk meletakannya baik itu disaku celana(tanpa monoPod) atau tas ransel Anda.

Untuk bagian belakang ada tombol khusus ‘start/stop’, dan swich untuk mengunci tombol sehingga tidak ada kata sengaja untuk menekan tombol. Untuk bagian bawah, Anda kan menemukan tempat penyimpanan baterai serta microSD. Sedangkan disampingnya terdapat dua port micro USB dan HDMI serta mikrofon.

Sayangnya untuk bisa melakukan pengambilan gambar di air, Anda harus menggunakan waterprof case karena Sony action cam ini hanya kuat cipratan air saja. Tetapi jika menggunakan waterprof case bisa bertahan di kedalaman 5 meter, untuk seri ini sudah ada di dalam paket pembelian.

Untuk koneksi Sony action cam dibekali dengan built-in WiFi, AS100VR juga memiliki GPS dan ini yang membedakannya dengan GoPro dan terdapat koneksi NFC untuk bisa terhubung dengan ponsel Android.

Hardware

Untuk lensa telah dirubah dari model sebelumnya, dengan penempatan lensa yang lebih besar bukaannya yakni f/2.8 Zeiss Tessar, menawarkan sudut pandang lensa hingga 170 derajat. Tetapi sudut pandang bisa disesuaikan dengan keinginan seperti pada kondisi Image stabilization dan stedy shot dimatikan jika tidak maka akan ada perubahan sudut pandang yang didapat hanya 120 derajat.

Dibelakang lensa terdapat kamera dengan resolusi 13.5MP dengan teknologi Exmor R (1/2.3 inci). Kamera ini mampu mengambil gambar diam dengan resolusi 12MP atau 2MP menggunakan mode rekaman interval (5,10,30, dan 60 detik).

Action Cam ini mampu mengambil gambar video hingga 1080p pada 60 frames per second (atau 720p at 120fps), dan bitrate mencapai 50Mbps. Bahkan, harus diakui jika Sony Action Cam AS100VR menang telak dalam pengambilan gambar dengan pencahayaan minim.

Hasil foto Sony Action Cam HDR-AS100VR

Penggunaaan dua tombol navigasi dapat memepermudah proses rekaman menjadi lebih mantap karena tombol merekam besar dan kuat sementara kemudahan muncul karena lampu indikator saat merekam berada di depan kamera.

Masalah audio, Sony Action Cam AS100VR punya kemampuan rekam lebih jelas dan menghasilkan suara stereo yang jernih. Namun untuk mode Pro, kamera digital satu ini punya kekurangan karena harus memakai SDXC-level microSD card yang cenderung mahal di pasaran.

Live View Remote

Action Cam Sony tersedia dalam beberapa konfigurasi denga disertakan Live View untuk jarak jauh. Seperti namanya, remote ini memberi tampilan streming kedalam layar yang dikoneksikan dengan Action Cam sony.

resize14

Alat ini umumnya diletakan dipergelangan tangan seperti arloji saja. Live Vew Remote ini juga dibekali dengan tombol rekam untuk memulai dan menghetikan rekaman. Alat ini juga dilengkapi baterai yang bisa di charge melalui kaber USB.

Alat ini memiliki kelebihan bisa terhubung dengan action cam sebanyak 5 buah dan mengontrolnya dengan mudah.

Sayangnya jika dimasukan kedalam air, alat ini tidak benar-benar berfungsi untuk melihat apa yang sedang dilakukan. Kami sangat yakin ini masalah koneksi WiFi-nya yang tidak berfungsi di bawah air.

Baterai

Sony action cam ini memiliki kapasitas aya 1240 mAh yang dapat bertahan 80 menit untuk merekam video. So! Sebaiknya Anda juga memiliki baterai cadangan yang nanti akan memudahkan Anda dalam proses perekaman. Apalagi fitur WiFi dan GPS-nya selalu digunakan malah tambah memakan daya baterai menjadi tidak tahan lama.

Kesimpulan

Sony action cam ini memiliki kecukupan untuk mendampingi Anda ketika melakukan olahraga ekstrim. Mulai dari pilihan fitur video yang beragam mau yang cepat atau slow motion semua bisa dilakukan. Dukungan aksesoris untuk semua olahraga juga tersedia. So! Tunggu apalagi action cam ini sudah siap beraksi dengan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Teknologi Ini Bantu Nasib Korban Holocaust Tentara Nazi

Telset.id, Jakarta - Sebuah foto tua dan teknologi pengenal wajah modern membantu dua saudara asal Israel mengetahui bagaimana sang...

BRTI akan Panggil Operator Bahas SOP Pergantian SIM Card

Telset.id, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan memanggil operator minggu depan. BRTI dan operator akan membahas terkait...

Kominfo Belum Jatuhi Sanksi ke Indosat Soal Kasus Ilham Bintang

Telset.id, Jakarta - Kasus Ilham Bintang menyeret Indosat Ooredoo. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memanggil Indosat dan menunggu...

Nilai Saham Tesla Meroket Lampaui Rp 1.365 Triliun

Telset.id, Jakarta - Tesla menjadi produsen mobil pertama asal AS dengan nilai saham mencapai USD 100 miliar atau Rp...

Begini Cara Dapat Pendanaan dari KoinWorks

Telset.id, Jakarta - KoinWorks baru saja meluncurkan tiga layanan baru, salah satunya adalah KoinBisnis. Layanan KoinBisnis merupakan pendanaan yang...
- Advertisement -