Samsung Galaxy Grand Prime

SM-G530HZADINU-302369-0

Galaxy Grand Prime ditunjukan untuk pasar menengah, dengan keunggulan layar 5 inci TFT Resolusi qHD (540 x 960 pixels). Grand Prime juga mengunggulkan jaringan dual SIM. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan ponsel ini. Yuks, simak review kami berikut ini.

Harga Rp 2.699.000

Smartphone samsung Galaxy Grand Prime mengusung desain yang tidak beda jauh dengan samsung galaxy Grand 2. Meskipun secara spesifikasi memang kalah dengan samsung galaxy Grand 2, kecuali di bagian kamera depannya. Untuk ukuran terlihat ramping namun juga tinggi dan lebar. Kalau mau membandingkan produk Korea ini Anda bisa bandingkan dengan produk Taiwan seperti HTC Desire 620 dan Asus Zenfone 5 yang memiliki harga yang tidak beda jauh.

Design

Kalau Anda bandingkan tipikal Galaxy Grand Prime berbeda pakem dengan produk Samsung lainnya yang memiliki bodi agak oval.  Memang tidak ada yang salah dengan model desainnya tapi jujur kami menganggap masih terlalu kaku. Untungnya ponsel terlihat sangat kokoh dan ternyata cukup nyaman digunakan, mungkin karena ukuran dimensinya 144.8 x 72.1 x 8.6mm sesuai dengan genggaman tangan kami.

Ada bezel crome di sekeliling bodi menambah nilai estetika, meskipun bagian belakangnya kurang terkesan premium dengan pemberian warna doff. Sisi positifnya adalah material tersebut tidak “menyerap” bekas sidik jari.

Display

Pada sisi layarnya, Galaxy Grand Prime menggunakan sebuah layar dengan luas 5 inci beresolusi qHD 960 x 540 piksel dengan kerapatan 220 piksel per inci. Ini yang menjadi kelemahan meski layar besar tingkat kepadatan yang ada sangat kecil. Tetapi samsung cukup pintar, kecerahan warna-warna wallpaper-nya bisa membuat Anda lupa terhadap resolusi layarnya.

Kelemahan lain dari layar Grand Prime ketiadaan pengaturan brightness secara otomatis, pada posisi depan pun tidak ada sensor pengaturan cahaya pada layar. Layar juga memiliki bezel hitam dalam layar, yang membuatnya terlihat lebih besar, tetapi itu akan sangat terasa ketika layar kondisi hidup dan sangat mengganggu mata.

Screenshot_2015-01-06-12-53-11

Galaxy Grand Prime ini tidak memberikan material Gorilla Glass pada pada layarnya. So! Anda harus hati-hati karena tidak tahan dengan goresan.

20141217_151408

“Layar ukuran besar bukan jaminan nyaman, pasalnya resolusi 960 x 540 pixels tergolong kecil”

Connectivity

Samsung Galaxy Grand Prime memiliki dua versi, pertama dengan single SIM dan kedua memiliki Dual SIM. Keduanya memiliki fasilitas jaringan quad band 3G, sedangkan untuk slot kedua memiliki konektivitas 2G saja.

Untuk koneksi lokal sudah tersedia WiFi b/g/n dengan WiFi Direct  sayangnya tidak ada dukungan DLNA. Bisa Screen Mirroring meski dengan TV yang kompatible, untuk bluetooth sudah versi 4.0.

Interface

Samsung Galaxy Grand Prime berjalan dengan sistem operasi Android v 4.4.4 atau KitKat. Kali ini disesuaikan dengan TouchWiz buatan Samsung. Tampilan secara default memang sangat sederhana hanya dengan menyapu layar Anda langsung bisa mengoperasikan menunya.

Homescreen terdiri dari 4 x 5 icon. Layer juga bisa bertambah sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk geser layar atas terdiri dari beberapa Toggle pengaturan biasanya seperti; WiFi, Location, Saund, Screeen Rotation, dan Bluetooth.

Hardware

Untuk performa, Galaxy Grand Prime mengandalkan chipset Qualcomm snapdragon 410 MSM8916 quad core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2 GHz. Untuk mengoptimalkan kinerjanya smartphone tersebut telah di benamkan dengan memori RAM 1GB dan di padukan dengan kecanggihan pengolah grafis dari Adreno 306.

Berdasarkan berchmark Antutu, performa Galaxy Grand Prime masih kalah dengan Asus Zenfone 5, karena hanya memiliki score 20902.

Screenshot_2015-01-06-11-58-38

Berdasarkan pengalaman kami, ketika kami menggunakan group Whatsapp dengan kapasitas setiap groupnya banyak, ponsel ini  sangat ‘lemot’, perpindahan aplikasi sangat susah. Menggeser layar seperti ‘kaku’, tidak bergerak sama sekali. Sangat mengecewakan meski prosesor yang digunakan kami pikir cukup untuk ponsel kelas menengah.

“Ruang dapur yang kami pikir cukup prima, Ternyata tidak sanggup menampung kinerja yang disebabkan group Sosmed yang banyak, kinerja jadi sangat lambat”

Camera

Salah satu fitur andalan yang layak diunggulkan adalah kamera. Dimana produk ini telah dibekali dengan dual kamera beresolusi lumayan cukup tinggi. Di bagian belakang smartphone Samsung Galaxy Grand Prime telah disematkan dengan kamera beresolusi 8MP yang di lengkapi lampu LED flash dan autofocus. Pada bagian depannya smartphone ini dibekali dengan adanya kamera sekunder beresolusi 5MP untuk kebutuhan foto selfie dan juga video call.

Kami cukup puas dengan kamera selfie Grand Prime ini karena memiliki sudut pandang lensa 85 derajat. Tidak hanya dapat mengambil foto selfie namun juga bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

Kamera memiliki interface standar meskipun tidak memiliki beberapa fitur dari model andalan Samsung. Apa yang ada di dalamnya seperti ISO, Exposure, kontrol white balance, efek gambar dan geo-tagging. Mode pemotretan khusus termasuk panorama, Beauty face, rear-cam selfie, Continius shot, HDR, Night dan Animated GIF.

Yang menarik buat kami adalah fasilitas GIF, dimana dengan menembakan sebanyak 20 frame Anda akan mendapatkan gambar bergerak yang bisa dijadikan avatar selfie di sosmed Anda.

“Kamera depan 5MP menjadi favorit kami dan keluarga, karena menikmati mudahnya foto selfie dengan hasil yang tajam”

Video

Samsung Galaxy Grand Prime menawarkan spesifikasi high-end untuk merekam video 1080p @30fps, dengan 17Mbps jumlah bitrate dan audio bitrate 256Kbps (stereo di 48kHz meskipun kami hanya menemukan satu mic). Sebanding dengan kemampuan rekam video 1080p dari Galaxy S5. Kamera menghadap ke depan menggunakan pengaturan yang sama persis untuk video.

 

Music

Samsung tidak secara khusus menempatkan music player pada Grand Prime, namun ada musik dari Google Play yang sudah embeded. Fasilitas player ini bisa mendengarkan musik secara streaming.

Grand Prime juga menyediakan Radio FM dengan dukungan RDS, meski speaker terlihat kecil namun keluaran suara kami nilai cukup menyakinkan kuping dengan nyaman. Radio FM juga dilengkapi dengan fasilitas rekam yang berguna merekam lagu favorit Anda.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Siap-siap, Iklan di YouTube Bakal Semakin Mengganggu

Telset.id, Jakarta  - Kabar menyebut bahwa iklan di YouTube bakal semakin mengganggu. YouTube mengatakan bahwa iklan jenis paruh putar...

Pakai Facial Recognition, Polisi Malah Salah Tangkap

Telset.id, Jakarta  - Gara-gara sistem pengenalan wajah atau facial recognition, polisi lagi-lagi melakukan salah tangkap. Polisi keliru mencokok pelaku...

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...
- Advertisement -