LG G3 Stylus

0
76

Sukses dengan LG G3 sebelumnya, LG Mobile terus mengembangkan beberapa seri G3 yakni G3 LTE, G3 Beat dan G3 Stylus. Kali ini Telsetnews berkesempatan mengoprek salah satunya yakni G3 Stylus. Dibandrol dengan harga Rp 2.999.000, seperti apa kelebihan dan kekurangan yang Telsetnews temukan.

“Harga yang berbeda membuat material desain dan performa yang ditawarkan juga berbeda. Akan tetapi penambahan Stylus bisa jadi obat dari kekurangan tersebut”

Design

iklanbro

Secara desain tidak ada yang berubah dari LG G3 Stylus, bentuk desain dengan posisi tombol volume dan power tetap berada di cover belakang. Yang menarik dari sisi ukuran ternyata berbeda sedikit, agak lebih besar dengan ukuran 146.3 x 74.6 x 8.9 mm dibandingkan LG G3 sebelumnya yang lebih ramping 149.3 x 75.9 x 10.2 mm. Dilihat dari materialnya juga sangat berbeda, LG G3 Stylus sangat terasa memiliki material yang lebih rendah kualitasnya dibanding LG G3 yang menggunakan casis metal, kalau diibaratkan Anda membeli mainan kualitas mall dengan kualitas pasar gembrong, dengan kasat mata saja sudah terlihat berbeda material plastiknya meski bentuk sama. Untuk menutupinya, LG G3 Stylus dibekali lapisan crome tipis disekeliling tubuhnya, agar lebih terkesan produk premium meski harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

Satu hal yang menarik, LG G3 Stylus memiliki Embedded stylus pada posisi atas sebagai alat bantu pengoperasian. Tapi sayang, LG G3 Stylus memiliki pegangan yang licin apalagi beratnya mencapai 163 gram, jauh lebih berat dibandingkan LG G3 yang hanya 149 gram. Tetapi kami masih maklum pasalnya kapasitas baterai yang besar 3000mAh membuat G3 Stylus bertambah bobotnya.

Untuk letak slot memori eksternal terdapat didalam cover dan juga terdapat dua slot jaringan. Tepat di bawah baterai terdapat rongga speaker yang  lumayan besar. Sedangkan untuk tombol power sedikit berbeda, memudahkan untuk membedakan antara tombol power dan tombol volume. Dari teksturnya juga dibedakan kalau tombol volume memiliki tekture bintik-bintik yang memudahkan pengoperasian saat disentuh.

Secara keseluruhan LG G3 Stylus masih tergolong nyaman dengan bentuk struktur bodi belakang yang agak gelembung mengikuti telapak tangan ketika mengenggamnya, masih tergolong ergonomis.

“Tampilan layar masih tergolong nyaman, meski layar 5,5 inci-nya cuma disokong resolusi 540 x 960 pixels”

Display

Sektor ini yang sangat membedakan, kenapa G3 Stylus jauh lebih murah? Sebabnya, berbeda dengan G3 yang menggunakan layar 5.5 inci dengan kualitas QHD., G3 Stylus justru menggunakan ukuran yang sama tetapi hanya bermodalkan IPS LCD dengan resolusi hanya 540×960 pixels.

Memang resolusinya terdengar sangat kecil untuk layar seluas 5,5 inci, akan tetapi fakta yang ditemukan ketika  menonton, browsing, atau main games, kami bisa katakan nyaman, layar tergolong masih tajam dan enak dipandang. Kami coba gunakan bechmark seperti nenamark 2 memiliki score 60.4 fps.

Pengaturan layar juga sangat menarik dengan adanya transisi seperti perpindahan pada film, ketika kondisi layar hidup lalu di stanby-kan, maka G3 stylus akan memiliki tampilan transisi ‘Screen-off effect’ dengan tiga pilihan Retro TV, Black hole, dan Fade out.

resize stylus69

Interface

LG G3 Stylus menggunakan sistem operasi 4.4 KitKat, akan tetapi tidak menutup kemungkinan seri ini juga salah satu perangkat yang bisa update ke sitem operasi terbaru Lollipop.

Untuk tampilan interface LG juga menggunakan LG UX yang mana tampilannya kami sangat menyukai secara visual terlihat lebih segar dan bersih. LG UX sepertinya juga sangat cocok kaum tua sebabnya pada menu pengaturan display ada ‘Font type’ buat menyesuaikan bentuk tulisan sesuai dengan Anda atau Font Size yang dapat memudahkan Anda memperbesar dan memperkecil huruf.

Yang menarik lagi pilihan toggle di atas sangat beragam pilihannya sehingga Anda tidak perlu lagi susah untuk mengatur semisalnya WiFi atau lainnya. Perpindahan layer satu ke layer lainnya juga dibekali dengan screen swipe effect dengan pilihan Slide, Breeze, Accordion, Panorama, Carousel, Layer,  dan Domino.

Yang jauh lebih bermanfaat buat pengguna, Anda bisa menggunakan fasilitas Dual Windows untuk mempemudah mencari referensi ketika membuat catatan kerja karena bisa membuka dua fasilitas menu sekaligus dalam satu layar.

Ada juga fasilitas seperti KnockCode yang dapat mengatur keamanan ketika Anda membuka layar. Caranya juga sangat mudah Anda tinggal akses menu Pengaturan>Display>Lock Screen>Knock Kode.

Hardware

Awalnya kami menyangka prosesor 1,3 GHz Quad-core ini menggunakan prosesor buatan Qualcomm. Namun sayang setelah kami bechmark menggunakan Antutu, Prosesor yang digunakan ternyata Mediatek MT6582. Tidak ada yang salah memang dengan penggunaan prosesor Meditek, namun beberapa smartphone yang kami coba kinerjanya memang jauh lebih lambat dari pada yang menggunakan Qualcomm meski kecepatan sama. Hal ini terlihat dari bechmark Antutu yang hanya memberinya nilai 18118. Untuk grafiknya sendiri G3 Stylus disokong dengan Mali 400 MP.

Untuk memori, LG G3 cuma dibekali RAM 1GB dan memori on-board dengan kapasitas 8GB. Emmmm….kalau menurut kami sesuai dengan harga yang ditawarkan. So! Ketika melihat iklannya jangan coba-coba memikirkan spek yang sama dengan LG G3 sebelumnya.

Camera

Untuk kamera LG G3 Stylus sedikit menjanjikan dengan menempatkan sensor 13MP dan kamera depan sebesar 1,3MP. Kamera belakang juga di sokong dengan autofocus dan penggunaan LED tunggal untuk mebantu kondisi kurang cahaya.

Yang menarik Anda bisa memanfaatkan tombol volume yang berada dicover belakang sebagai shutter kamera. Atau Anda juga bisa menggunakan virtual shutter yang ada dilayar Atau manfaatkan fasilitas Touch and Shutter. Fasilitas ini lebih sering kami pergunakan ketika objek yang akan difoto bergerak sehingga memudahkan. Yang menarik dari deretan smartphone LG yakni adanya ‘Gesture Shot’, dimana fasilitas ini lebih digunakan ketika Anda selfie, cara penggunaannya sangat mudah dengan hanya melambaikan tangan ke kamera dan mengepalnya ketika sudah ada notifikasi. Maka dengan hitungan 1..2..3 kamera akan mengambil wajah Anda tanpa harus ribet mencari tombol. Well done LG…

Tetapi kami harus akui fasilitas didalamnya memang sangat minim, bayangkan saja modus untuk foto cuma ada pilihan Panoroma saja, sedangkan untuk resolusi disediakan pilihan 3, 9, 10 dan 13 MP saja.

Untuk hasilnya sendiri, foto siang hari memang tidak ada kendala hasilnya cukup memuaskan. Kami juga coba didalam kondisi ruangan yang minim pencahayaan hasilnya luar biasa kami cukup kagum karena sedikit sekali noice yang ada didalam foto.

“Gesture Shot menjadi salah satu fitur yang mempermudah para penggila Selfie”

Video

Untuk merekam gambar LG G3 Stylus memberikan dua pilihan resolusi yakni Full HD 1920×1080 dan HD 1280×720 dengan kekutan @30Fps. Sedangkan video codec yang bisa di tampilkan MP4, AVI, DIVX, 3GP, WMV, ASF, MKV, WebM, TS, K3G, SKM, FLV, OGM. Ketika kami coba membuat rekaman video dengan durasi 27 detik dengan resolusi HD memori yang dibutuhkan cukup besar yakni 39.29MB.

Musik

Tampilan musik player memang tidak ada yang berubah dari LG G3 Stylus, apa yang dimiliki di LG G3 Semuanya ada. Tampilan yang lebih segar dan berwarna menjadi tampilan yang enak dipandang. Pengaturan Equalizer juga bisa dilakukan ketika Anda menggunakan earphone. Yang membuat menarik kami ketika menekan menu maka ada pilihan ‘Music Video’, fasiltas ini sebenarnya langsung terhubung dengan Youtube untuk melihat video klip yang sesuai dengan lagu yang sedang Anda dengarkan. Music player ini juga terdapat ‘Sleep Timer’ yang memudahkan Anda ketika mendengarkan musik di malam hari.

LG G3 Stylus ini juga dilengkapi dengan Radio FM, untuk mengulang lagu yang terlewatkan, Anda bisa mengatur untuk merekamnya sesuai yang Anda kehendaki. Tetapi jangan untuk diperbanyak ya karena bisa merugikan industri musik.

 

Smart Keyboard

Fasilitas ini sangat mempermudah Anda untuk melakukan pengetikan. Mulai dari mengatur tinggi dan tampilan layout yang sesuai dengan ukuran tangan. LG juga mempermudah pengetikan dengan cara Swipe Up menyelesaikan setiap kata dengan cepat dengan cara disentuh lalu prediksi kata yang keluar. LG G3 Stylus juga menyiapkan operasional pengetikan dengan satu tangan dengan merubah menu yang tersedia yakni “One-handed operation”.

QuickMemo+

Sudah pasti tidak ada yang berbeda apa yang ditampilkan QuickMemo+. Tetapi ada yang berbeda yang diberikan LG G3 Stylus apa itu? Penggunaan Stylus yang memudahkan Anda membuat coretan atau gambar untuk mempermudah pekerjaan atau iseng-iseng menyalurkan bakat seni Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here