7 Cara Amankan Data di Smartphone Anda


207290-phone-security-lockJakarta – Smartphone mahal Anda bisa jadi adalah harta paling berharga yang Anda punya. Itu sebabnya, harus selalu dilindungi. Ada banyak cara untuk melindunginya, selama itu mengacu pada benturan atau goresan, tapi bagaimana jika perlindungan itu berhubungan dengan data-data atau informasi yang Anda punya? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga data yang ada di smartphone Anda.

1. Mengatur kode kunci
Dari email hingga teks, buku telepon, dan foto-toto, ponsel Anda memiliki banyak informasi pribadi yang berpotensi dapat diakses oleh tukang intip. Intinya, jika Anda membawa ponsel keluar dari rumah Anda, Anda harus menggunakan kode kunci. Anda dapat menggunakan PIN 4 digit atau password dengan huruf, angka, dan karakter. Ini akan membuat orang-orang usil atau pencuri tidak bisa mengakses informasi Anda.

2. Aktifkan ‘Do Not Track’ di browser Web mobile Anda
Setiap informasi yang Anda berikan pada sebuah situs web biasa dikumpulkan dan digunakan untuk menayangkan iklan yang relevan dengan kebiasaan Anda. Nah,.. Opsi Do Not Track berfungsi untuk meminta website untuk tidak mengumpulkan data Anda. Browser Google Chrome untuk Android dan Safari pada iOS akan memungkinkan Anda untuk mengatur Do Not Track. Meskipun mengaktifkan opsi ini tidak menjamin bahwa data Anda tidak akan dikumpulkan, tapi beberapa situs akan mematuhi preferensi Anda.

3. Blokir nomor telepon Anda bila diperlukan
Bila Anda menelepon pelaku usaha yang mungkin mengumpulkan nomor Anda, ide yang baik untuk menggagalkan upayanya. Karena tidak sedikit pelaku usaha yang “suka” mengumpulkan nomor telpon, informasi apapun yang melekat padanya, dan kemudian menggunakannya untuk mendapat keuntungan.

Untuk itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan Google Voice. Dengan ini Anda dapat dengan mudah memblokir setiap panggilan masuk yang tidak ada dalam buku telepon Anda.

4. Hindari menjawab panggilan spam
Ada banyak layanan telemarketing yang akan memanggil ponsel Anda hanya untuk melihat apakah nomor tersebut benar-benar milik seseorang. Setelah itu terjadi, nomor Anda diletakkan pada daftar yang akan dijual ke perusahaan lain, dan Anda bahkan akan menerima lebih banyak panggilan spam dan mungkin teks. Jika Anda tidak dalam layanan unlimited, Anda mungkin dikenakan biaya tambahan untuk pesan teks yang tidak Anda inginkan.

Alih-alih mengambil dan mengkonfirmasikan nomor Anda, gunakan solusi caller ID untuk mencari tahu siapa yang mencoba menghubungi Anda. Pada Android, periksa Current Caller ID oleh Whitepages, yang akan menampilkan informasi pemanggil dalam bentuk jendela kecil pada layar panggilan masuk. Pada iOS, Anda harus menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda: install Truecaller dan ambil screenshot dari panggilan masuk untuk mengidentifikasi penelepon (pencipta aplikasi ini mengatakan bahwa saat ini tidak ada cara untuk menghalangi proses panggilan).

5. Gunakan aplikasi recovery untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri
Panik begitu menyadari bahwa smartphone Anda tidak berada di saku. Ke mana aku terakhir kali? Kapan aku menutup telepon? Apakah aku menjatuhkannya ketika aku keluar dari mobilku? Dengan aplikasi “pemulihan” pada Android dan iOS, Anda dapat mengunci akses ke perangkat Anda dan bahkan menemukan lokasi-nya saat ini.

6. Tambahkan info kontak pemilik ke perangkat Anda
Jika perangkat Anda hilang di alam liar dan ada orang baik menemukannya, lalu bagaimana mereka akan menemukan Anda? Untuk alasan ini, Anda harus menambahkan informasi kontak yang cukup pada perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungi Anda. Misalnya, Anda tidak perlu menulis seluruh nama Anda – mungkin hanya nama pertama dan inisial terakhir – dan nomor telepon dari teman atau saudara yang bisa dihubungi jika perangkat Anda hilang. Anggap saja seperti tanda pengenal pada hewan peliharaan untuk Android atau iPhone Anda.

7. Tetap aman secara fisik
Di luar upaya memblokir akses ke aplikasi, nomor, atau informasi lain Anda, Anda masih dihadapkan pada ancaman fisik bahwa seseorang akan mencuri perangkat Anda. Untuk mengatasi ini, Jessica Dolcourt merekomendasikan sebuah pegangan, yang menempatkan perangkat di tempat yang sulit diakses (saku depan yang ketat, saku tas yang dalam). Semoga tips ini akan menjaga ponsel Anda dari tangan-tangan yang tidak diinginkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI