98% Aplikasi Android Sudah Bisa Berjalan di BlackBerry 10

BlackBerry 10 dengan Android

Jakarta –  Salah satu alasan (yang mungkin menjadi alasan terbanyak) para pengguna meninggalkan BlackBerry OS adalah karena minimnya aplikasi yang bisa mereka dapatkan, dibandingkan dengan jika menggunakan platfrom Android dan iOS.

Alasan tersebut memang cukup masuk akal, karena jumlah aplikasi di toko aplikasi BlackBerry World jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di lapak Google Play Store milik Android.

Namun itu dulu sebelum BlackBerry merilis sistem operasi BlackBerry 10 (BB10). Karena sebenarnya setelah BlackBerry merilis BB10 OS, masalah minimnya aplikasi itu sudah mulai bisa teratasi.

Tak banyak yang tahu, BlackBerry sudah bisa mengakali masalah tersebut dengan memberikan kemampuan BB10 menjalankan aplikasi Android.

Memang aplikasi Android di BB10 belum berjalan semulus seperti aplikasi native untuk BB10. Namun paling tidak, kemampuan ini memberikan harapan bagi pengguna BlackBerry untuk menikmati lebih banyak aplikasi Android di handset mereka.

Bahkan CEO BlackBerry John Chen mengklaim bahwa 98% semua aplikasi Android sudah dapat berjalan di platform BB10. Orang nomor satu di BlackBerry itu nampak sangat bangga dengan fitur kompabilitas Android ini.

“Kekuatan Android sebenarnya bukan di kualitas ponsel seperti yang dimiliki BlackBerry. BlackBerry memiliki banyak kelebihan seperti pengalaman BBM, sistem operasi yang hebat, dan ponsel teraman,” kata John Chen.

“Tidak hanya aman di bidang data tapi juga identitas personal. Pengguna muda senang akan keberagaman aplikasi, dan BlackBerry mampu menjalankan 98% dari semua aplikasi Android. Semua penggemar BlackBerry tahu mereka dapat menjalankan aplikasi Android,” tambahnya yang telsetNews kutip dari The Wall Street Journal, Selasa (20/5/2014).

Memang sedikit disayangkan, karena pihak BlackBerry belum terlalu mensosialisasikan kompabilitas BB10 OS dengan aplikasi Android ini. Alhasil, masih banyak pengguna BlackBerry maupun Android (dulunya eks pengguna BB) yang belum tahu kelebihan yang dimiliki BB10 tersebut.

Jika saja kemampuan BB10 untuk menjalankan aplikasi Android ini bisa tersosialisasikan dengan baik ke pengguna, maka bukan tak mungkin BlackBerry bisa merebut kembali penggunanya yang berpaling ke Android.

Terutama untuk pasar Indonesia, BlackBerry sebenarnya masih punya potensi besar untuk mendongkrak kembali pasarnya yang mulai menurun. Karena masih banyak loyalis BlackBerry di Indonesia yang bisa digoda untuk mencoba platform BB10 yang sudah compatible dengan aplikasi Android. [HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI