Rumor: Samsung Galaxy Tab S dengan Display AMOLED 2K, Octa-core Exynos 5420 & Fingerprint Sensor

 

Samsung Galaxy Tab ilustrasi

Jakarta – Hingga kuartal II 2014 ini, total Samsung telah merilis 7 seri tablet ke pasaran. Namun, raksasa Korea itu nampaknya belum mau berhenti sampai di situ saja. Samsung dikabarkan tengah menyiapkan lineup tablet terbarunya dengan nama Galaxy Tab S.

Samsung Galaxy Tab S akan datang dalam dua ukuran layar, yakni 8,4 inci dan 10,5 inci, dan akan menjadi perangkat tablet pertama di dunia yang menggunakan display AMOLED dengan tingkat resolusi 2K (2560×1600).

Teknologi layar AMOLED sendiri diketahui sebagai salah satu jenis layar sentuh terbaik untuk saat ini, terutama untuk konsumsi daya yang rendah dan tingkat kontras tinggi.

Samsung telah menggunakan teknologi ini pada perangkat smartphone dan kamera digital mereka. Namun untuk tablet, Samsung sebenarnya belum secara luas menggunakan teknologi AMOLED.

Pada tahun 2011, Samsung memang pernah meluncurkan perangkat tablet pertamanya yang mengunakan layar Super AMOLED Plus, yakni Galaxy Tab 7.7. Namun Samsung mengaku saat itu baru dalam tahap menguji teknologi tersebut.

Dan sejak itu, Samsung belum pernah lagi menggunakan teknologi OLED di salah satu perangkat tablet mereka.Alasan utama Samsung belum mau menggunakan teknologi OLED pada perangkat tabletnya, karena teknologi ini dinilai masih sangat baru dan masih butuh penyempurnaan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, teknologi OLED telah berkembang pesat dan jauh lebih baik dari sebelumnya. Teknologi ini telah digunakan pada flagship terbaru Samsung, Galaxy S5, dan berhasil menyandang predikat layar smartphone terbaik oleh DisplayMate .

Seperti dikutip telsetNews dari Sammobile, Senin (5/5/2014), Galaxy Tab S juga akan menjadi tablet pertama Samsung yang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Dan tidak seperti di Galaxy S5 yang hanya berfungsi pada tombol home, fingerprint sensor di Galaxy Tab S akan lebih banyak bisa difungsikan ke beberapa fitur lainnya.

Seperti misalnya Fingerprint unlock, pembayaran PayPal, Folder pribadi, dan Samsung Apps login. Yang menarik, Samsung juga akan memperkenalkan fitur baru yang mereka sebut sebagai Login Multi-User .

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat masuk ke akunnya hanya dengan menggesekkan jari pada tombol home saat layar terkunci .

Galaxy Tab S disebutkan akan menawarkan spesifikasi yang lebih gahar dibanding lini tablet Galaxy sebelumnya. Untuk jeroannya, tablet ini akan menggunakan prosesor octa-core Exynos 5420 dengan GPU Mali T628, 3GB RAM,kamera utama 8MP, kamera depan 2,1MP, dan kemampuan merekam video HD 1080p,

Dalam hal konektivitas, Galaxy Tab S akan menawarkan dukungan WiFi 802.11ac,WiFi Direct, DLNA, WiFi hotspot, Bluetooth 4.0 LE/ ANT+, GPS, GLONASS dan IR blaster disertakan untuk mengendalikan TV Anda dengan menggunakan layanan Samsung WatchON.

Port microUSB 2.0 disediakan untuk sinkronisasi dan pengisian perangkat.Untuk softwarenya, Galaxy Tab S 8.4 & 10.5 bakal menggunakan Android 4.4.2 plus TouchWiz UI versi terbaru.

Awalnya, Samsung ingin merilis total enam varian Galaxy Tab S – WiFi, 3G dan LTE . Namun, menurut sumber orang dalam di perusahaan mengatakan bahwa kemungkinan Samsung baru akan merilis varian 3G untuk saat ini, sehingga Samsung mungkin hanya akan merilis 4 varian.

Keempat varian Galaxy Tab S itu adalah, Galaxy Tab S 8.4 inci WiFi (SM-T700 ), Galaxy Tab S 8.4 inci LTE (SM-T705), Galaxy Tab 10.5 inci S WiFi (SM-T800), dan Galaxy Tab 10.5 inci S LTE (SM-T805).[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI