Siri, Google Now dan Cortana, Siapa Terbaik?

646x404Jakarta – Sampai hadirnya smartphone ke dunia – itu artinya sekitar tahun 2000-an, memiliki asisten pribadi adalah ‘barang’ mewah yang biasanya tak bisa dilakukan semua orang. Boleh dibilang, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya, entah itu mereka   memiliki banyak uang ataupun mereka yang benar-benar sibuk hingga akhirnya merasa kedua tangannya tidak pernah cukup.

Well, kami bukan yang nomor satu, dan bukan juga sepenuhnya yang nomor dua (kecuali saat deadline tiba), tapi apakah Anda tahu, kami punya asisten pribadi. Dan bukan hanya satu, tapi tiga sekaligus.

Tapi tentu saja, itu bukan asisten yang akan kami gaji mahal setiap bulannya. Bukan Jennifer, Tommy atau siapapun namanya yang akan datang ke kantor dengan kacamata atau smartphone di tangannya. Ya, mereka adalah asisten virtual yang kami dapatkan secara ‘cuma-cuma’ melalui aplikasi di smartphone kami.

Di dunia saat ini, kita mengenal tiga nama yang paling populer, Siri, Google Now, dan Cortana, yang masing-masing dihasilkan oleh tiga raksasa teknologi terbaik di dunia. Selain nama besar Apple, di sana juga ada Google, dan Microsoft.

Menurut sebuah laporan, ketiga raksasa teknologi ini terus bekerja keras dan membuang banyak uang untuk meningkatkan fitur yang dimiliki masing-masing asisten pribadi virtualnya. Nah, siapakah kira-kira di antara ketiganya yang akan lebih bisa memahami Anda sebagai manusia? Berikut hasil penelusuran kami…

siri-iphone-4sSiri

Diperkenalkan pertama kali sebagai aplikasi iOS yang tersedia di toko aplikasi Apple atau App Store, Siri sejatinya adalah buah karya sebuah perusahaan bernama Siri,Inc yang kemudian diakuisisi oleh Apple pada April 2010. Bersamaan dengan itu, rencana awal Siri, Inc untuk menyediakan aplikasi ini pada sistem operasi lain, seperti BlackBerry dan Android pun, batal. Siri resmi dipinang Steve Jobs dan menjadi bagian integral dari Apple.

Siri sendiri merupakan asisten pribadi cerdas yang bekerja sebagai aplikasi untuk iOS (Apple), yang memungkinkan Anda menggunakan suara untuk mengirim pesan, mengatur pertemuan, melakukan panggilan telepon, menemukan kantor dan mendapatkan petunjuk arah, mencari di web, memutar lagu yang Anda suka dan banyak lagi.

Apple bahkan mengklaim bahwa perangkat lunak besutannya ini akan bisa menyesuaikan dengan preferensi individu penggunanya dari waktu ke watu dan mempersonalisasikan hasilnya. Di samping tentunya, melakukan tugas-tugas seperti yang telah disebutkan di atas. Yang harus Anda lakukan hanyalah berbicara sesuai gaya Anda, maka Siri yang pintar ini pun sudah akan langsung memahaminya; mengerti apa yang Anda katakan, mengetahui apa yang maksudkan, dan bahkan, membalas dengan perkataan. Hmm… terdengar seperti asisten Anda saat ini, bukan? Bedanya, Siri tidak memakai kacamata, apalagi high heels.

Siri bekerja pada hampir semua aplikasi yang terpasang, seperti telepon, FaceTime, Dikte, musik, email, cuaca, saham, Facebook, dan lain-lain. Dan Siri cukup pintar untuk menentukan aplikasi mana yang akan digunakan untuk menjawab Anda. Tak hanya itu, Siri juga menggunakan Layanan Pencarian dan Lokasi untuk membantu memenuhi permintaan Anda.

Tapi, apakah itu berarti Siri – yang hadir dengan dukungan empat bahasa; Inggris, Jerman, Jepang dan Perancis ini hanya bekerja dengan aplikasi bawaan Apple? Sebuah kabar mengatakan, bahwa bersamaan dengan akan segera hadirnya iOS 8 dan iWatch, Apple berencana untuk meningkatkan kemampuan Siri agar pintar menangani aplikasi pihak ketiga sebaik dia melakukannya dengan aplikasi bawaan iOS.

Kemampuan Siri untuk mendukung aplikasi pihak ketiga ini bisa jadi merupakan salah satu rencana Apple untuk mempersempit persaingan dengan Google dan Microsoft, yang saat ini juga telah hadir dengan asisten virtual-nya yang tak kalah pintar, yakni Google Now dan Cortana.

Google-NowGoogle Now

Hadir tidak lama setelah kemunculan Siri, Google Now sejatinya merupakan fitur baru untuk Android yang resmi dari Google, dan berfungsi sebagai asisten pribadi yang dapat diperintah melalui suara. Google Now – terintegrasi dengan mesin pencarian Google, diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, serta mempelajari dan mengumpulkan informasi untuk penggunanya, seperti menggunakan sejarah pencarian dari browser, kalender, dan lokasi pengguna. Caranya, dengan mengatur kartu – disebut Google Now Card, yang disediakan oleh Google.

Sama seperti Siri, yang hadir dengan sejumlah keahlian layaknya seorang asisten sungguhan, asisten virtual Google yang dapat Anda temukan pada Android versi Jelly Bean ke atas ini juga memiliki sejumlah kegunaan, di antaranya melaporkan cuaca, sebagai pengingat perjalanan, pengingat ulang tahun, review restoran dan tempat-tempat menarik lainnya, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, bagi Anda yang terlalu sibuk, hingga akhirnya sering lupa membayar tagihan – kartu kredit, listrik, telepon, dan lain-lain, Google Now bahkan telah menambahkan fitur baru untuk mengingatkan Anda agar segera melunasi tagihan yang jatuh tempo. Usut punya usut, fitur ini bahkan akan langsung memberikan Anda akses ke situs perusahaan penagih. Dan menampilkan dengan detail, baik itu sisa saldo yang dimiliki, ataupun jumlah tagihan. Wow…

Saat ini, Google Now yang telah tersedia untuk perangkat iOS sejak April 2013 lalu ini juga telah bisa dinikmati oleh para pengguna browser Chrome untuk desktop yang meliputi sustem operasi Windows dan Mac OS X.

Tak ubahnya versi mobile, di sini Google Now juga memungkinkan Anda mengakses informasi penting dengan cepat, entah itu terkait informasi cuaca, pengingat acara, review restoran dan lain-lain. Untuk memudahkan, Google bahkan memungkinkan Anda sync langsung dengan perangkat mobile lain yang terhubung dengan akun Google yang sama.

 

cortana-windows-phone-theverge-5_1020Cortana

Bagi Anda penggemar game Halo, mungkin tidak akan asing lagi dengan nama ini. Ya, Cortana adalah sebuah karakter dalam seri permainan menembakeksklusif milik Xbox yang juga menjadi nama dari asisten virtual besutan Microsoft.

Secara garis besar, Cortana tak ubahnya Siri ataupun Googke Now, memungkinkan Anda menerima masukan dan informasi tentang cuaca, bursa saham, arah jalan, jadwal pertemuan dan banyak lagi berdasarkan data lokasi dan detail lain. Sebuah fitur bernama do-not-disturb, yang juga dimiliki Siri ada di sini, dan berfungsi untuk memilih mana kontak terpenting untuk Anda dan mana yang bisa menunggu di lain kesempatan. Sementara itu, kenyataan bahwa Cortana juga bisa diakses melalui PC (dan Xbox One), sedikit banyak membuatnya serupa dengan asisten virtual besutan Google.

Namun demikian, Cortana tak seperti Siri ataupun Google Now yang lebih ‘robot’, Microsoft mendesain asisten virtualnya ini agar lebih humanis. Salah satunya, dengan menghadirkan suara yang lebih menyerupai suara manusia.

Salah satu update terbaru bahkan enyebutkan bahwa Cortana bisa melucu atau melawak. Caranya, dengan memberikan jawaban-jawaban konyol untuk beberapa pertanyaan yang Anda ajukan. Sebagai contoh, ‘tertawa adalah obat yang paling mujarab’ dan jawaban unik lainnya.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh asisten virtual Microsoft yang dapat Anda temukan pada Windows Phone 8.1 ini juga dilengkapi dengan kemampuan Notebook, yang memungkinkannya mengakses seluruh informasi seperti data lokasi, memilih kepribadian yang tepat, mengingatkan penggunanya, mengakses info pribadi dan info kontak. Dan mengingat ini kaitannya adalah dengan ‘privasi’, Microsoft pun berjanji bahwa walaupun Cortana bisa mengaksesnya, namun ia tidak akan menyimpannya dalam Notebook tanpa seizin Anda. Nice..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI