Acer Liquid Z5

Dual SIM

Ruang besar di samping kiri adalah tempat bernaungnya dua buah kartu SIM (GSM-GSM). Slot pertama didesain untuk kartu berukuran mikro (Micro SIM), sementara slot kedua diperuntukkan bagi kartu SIM berukuran mini (kartu pada umumnya).

Selfie Button?

Terintegrasi dengan fitur AcerRapid, tombol yang terletak tepat di bawah kamera ini tak hanya memberi Anda jalan pintas menuju aplikasi favorit – pemutar musik, email, kalkulator, browser, kalkulator, Facebook, atau YouTube, tapi juga memungkinkan Anda menjadi orang paling eksis sedunia. Caranya? Cukup dengan menekannya selama beberapa detik, untuk kemudian memunculkan fitur kamera.

Quick Mode

Kalau LG punya Quick Memo, Acer punya Quick Mode. Datang dengan 4 profil untuk kustomisasi yang berbeda – Basic Mode, Classic Mode, Keypad Mode dan Easy Senior Mode, fitur ini sepintas mengingatkan kita pada tile-tile di Windows Phone.

DESIGN

Kami meminta beberapa orang awam untuk menebak harganya, dan tahukah Anda, tiga dari ketiga juri dadakan kami itu sepakat memberinya harga di kisaran Rp 3 juta. Artinya? Tentu saja desain yang menarik. Dan benar saja. Liquid Z5 keren, dengan material polycarbonat yang meskipun membuatnya terasa plastik, namun tidak terkesan murahan. Malah, ponsel yang mengusung konsep unibody ini terasa lebih ringan, dan tidak licin di tangan.

Hadir dalam varian warna Essential White dan Gentle Grey, jagoan baru Acer ini juga terbilang ramping. Ketebalannya hanya 8.8mm, dengan sisi-sisi yang dibuat agak tumpul, hingga membuatnya tidak terkesan kaku.

Tiga tombol sentuh, yang terdiri dari back, home, dan recent app, berbaris rapi di bagian muka. Melengkapi tombol volume dan slot micro SD di bagian kanan, serta dua slot kartu SIM di sebelah kiri. Port audio 3.5 mm dan tombol power duduk manis di bagian atas, membelah jarak dengan port mini USB di bagian bawah. Oh, jangan lupakan juga dua buah speaker yang membentang di bagian atas dan bawah, serta tombol ajaib yang memungkinkan Anda mengambil foto diri di bagian belakang. Nice!

“Smartphone dual SIM ini mungkin terasa plastik, namun tidak terkesan murahan”

DISPLAY

Acer Liquid Z5 Duos datang dengan bentang layar yang besar, 5inch,namun dengan piksel yang sangat irit. Betapa tidak, sementara kebanyakan ponsel di luar sana telah menawarkan resolusi 720p atau bahkan 1080p, ponsel besutan Acer ini masih mengusung resolusi standar, 480 x 845 piksel. Sangat… disayangkan?

Ah, tapi tidak juga. Sejauh pemantauan kami, layar yang diusung Liquid Z5 masih tergolong baik, dan enak dilihat. Kalaupun kualitas gambar agak kurang tajam, itu wajar saja, mengingat kepadatan pikselnya hanya 196ppi.

CAMERA

Untuk sebuah ponsel di level kelas menengah, kamera belakang 5MP yang dibenamkan Acer di badan Z5 boleh dibilang cukup memuaskan. Hasil fotonya tidak mengecewakan, pun demikian dengan produksi warnanya. Akurat, meski tak bisa dibilang penuh detail.

Lalu bagaimana dengan kemampuannya mengatasi cahaya rendah? Keberadaan flash berarti (secara harfiah) bisa mengambil gambar dengan baik di ruang yang hanya dipenuhi sedikit cahaya. Dan itulah yang terjadi di sini. Meskipun dengan sedikit noise yang mengganggu.

Kekurangan lainnya terletak di kamera depan. Kami meralat ucapan kami yang menyebutkan bahwa ini akan menjadi favorit mereka yang gemar berfoto selfie. Yup, resolusi VGA sudah benar-benar usang. Bukan hanya tidak fokus, hasil fotonya juga gelap dan dipenuhi banyak noise. Hal ini sangat disayangkan, apalagi mengingat kamera depan harusnya bisa menjadi salah satu fitur andalan.

PERFORMANCE

Prosesor dan memori yang dimiliki Liquid Z5 memang tidak bisa dibilang mengagumkan. Tergolong tua bahkan. But hei, apa Anda diharuskan menjual ginjal untuk mendapatkannya? ­Jadi kami rasa sah-sah saja jika orang-orang di markas besar Acer hanya mempersenjatainya dengan prosesor berkasta sedang, dual core 1.3GHz Cortex A7. Lengkap dengan RAM 512MB, prosesor grafis Mali-400, serta memori internal 4GB (yang dapat diperluas hingga 32GB).

Standar. Tapi bukan berarti mengecewakan. Untuk beberapa tugas tertentu, sebut saja browsing internet, memutar video, atau memainkan game kasual (Flappy Bird Champ), Liquid Z5 bekerja dengan baik. Rasa gemas hadir ketika kami mulai mengajaknya berpindah dari halaman satu ke halaman lain, dan mengerjakan sejumlah kegiatan sekaligus – mengetik di Polaris Office 4.0, menonton video konser di YouTube, lalu memeriksa email. Liquid Z5 terlihat ‘kebingungan’. Well, sepertinya bukan hanya kami yang butuh istirahat di sini, sahabat kami ini bahkan mulai demam.


SMART FEATURES

Kostumisasi khusus dari Acer membedakan Liquid Z5 dari teman-temannya, sesama pengadopsi Android Jelly Bean 4.2.2. Di sini, Anda akan menemukan sebuah fitur pintar berupa widget yang mengambang – AcerFLOAT, yang memungkinkan Anda merasakan pengalaman multitasking yang sesungguhnya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kalkulator saat sedang menonton YouTube – kami juga tidak tahu untuk apa; atau Anda juga bisa menulis catatan saat sedang membaca email.

Fitur pintar lainnya datang dari Quick Mode, yang memiliki 4 profil untuk kustomisasi yang berbeda, yaitu Basic Mode – untuk masuk ke fitur pesan dan pengayuran; Classic Mode – untuk semua fungsi utama dengan tampilan serupa antarmuka Windows Phonea; Keypad Mode – untuk Anda yang sering melakukan panggilan dengan akses keypad; serta Senior Mode – untuk para orang tua agar lebih mudah dalam mengakses pesan teks, radio, cuaca, jam, kontak, dan kamera.

MULTIMEDIA

Sebagai sebuah perpaduan antara smartphone dan tablet, phablet sejatinya tak hanya disukai oleh mereka yang memiliki jari panjang dan saku yang besar, tetapi juga pecinta multimedia. Alasannya? Sudah pasti karena ukuran layarnya yang agak besar. Ini tak hanya membuatnya nyaman saat digunakan untuk menjelajah dunia maya, tetapi juga menyenangkan sebagai teman menonton. Terlebih, Acer juga telah membenamkan DTS sound enhancement yang membuat suaranya lebih keluar.

Tambahkan ragam fitur multimedia lainnya, seperti pemutar musik, kamera (lihat uraian di atas) serta Radio FM, maka hari-hari Anda pun tak lagi membosankan seperti sebelumnya. Well, sebuah bank tenaga mungkin akan Anda butuhkan. Karena kapasitas 2000mAh yang ditawarkan Liquid Z5 bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan dalam dunia per-smartphone-an yang kejam ini, apalagi jika Anda ingin sepenuhnya memanfaatkan perangkat ini untuk multimedia.

CONNECTIVITY

Konsep desain unibody tampaknya dimanfaatkan Acer untuk memaksimalkan konektivitas. Selain Wi-Fi, di badan ponsel berdimensi 145.5x 73.5 x8.8 mm ini juga tertanam GPS, Bluetooth, Wi-Fi Hotspot, dan microUSB. Tambahan audio jack 3.5 di bagian atas, slot micro SD di bagian kanan, serta dua slot kartu SIM di sebelah kiri memang tidak lantas menjadikannya ponsel dengan amunisi terlengkap. Tapi yah, seperti kata pepatah, ‘Yang Anda dapatkan sebanding dengan apa yang Anda keluarkan’.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI