5 Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks di Android dan iPhone

Telset.id – Aplikasi pengubah suara jadi teks sangat dibutuhkan dalam situasi tertentu ketika kita dituntut untuk dapat mengetik dengan cepat. Misalnya saja seorang jurnalis ataupun notulis rapat yang harus mencatat pembahasan yang lengkap, jelas, dan runut.

Untuk tugas mengetik cepat, sebagian orang mungkin masih sering merasa kesulitan. Apalagi, kalau teks yang diketik di ponsel kerap salah alias typo.

Oleh karenanya, dibutuhkan aplikasi pengubah suara jadi teks yang dapat berfungsi di smartphone Android ataupun iPhone.

Beruntung bagi Anda, karena sudah cukup banyak aplikasi yang dapat mengubah suara jadi teks di Google Play Store ataupun App Store.

BACA JUGA:

Nah, tim Telset telah merangkum beberapa aplikasi yang mampu mengubah file rekaman suara maupun video menjadi teks dengan cara yang mudah.

Tapi sebelum itu, kami lebih dulu akan membagikan panduan lengkap berupa cara untuk mengubah suara menjadi teks di iPhone, iPad, sampai Android. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mengubah Suara jadi Teks di iPhone/iPad

mengubah file rekaman suara menjadi teks
Foto: Cult of Mac

Cara mengubah suara menjadi teks dengan mudah di iPhone/iPad adalah menggunakan aplikasi Gboard atau Google Keyboard.

Aplikasi suara jadi teks ini tersedia untuk iPhone maupun iPad yang menjalankan iOS 9 ke atas. Satu catatan untuk Anda, tidak semua bahasa dapat diterjemahkan dari suara ke dalam teks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Install Gboard di App Store, kemudian jadikan Google Keyboard sebagai alat ketik default di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi apapun untuk mengetik, seperti Notepad maupun Google Keep.
  • Tap di area untuk memasukkan teks, dan tekan dan tahan lambang mikrofon.
  • Ketika muncul Ucapkan Sekarang atau Speak Now, ucapkan kata-kata atau kalimat yang ingin Anda tulis.
  • Untuk menambahkan tanda baca, Anda tinggal ucapkan “titik”, “koma”, “tanda seru”, “tanda tanya”, “baris baru”, dan “paragraf baru”.

Mengubah Suara jadi Teks di Android

Sama halnya dengan iPhone atau iPad, Gboard juga berfungsi dengan sangat baik sebagai aplikasi pengubah suara jadi teks di Android.

Fungsi ini dapat digunakan pada ponsel Android dengan sistem operasi 7.0 ke atas. Catatan yang sama, tidak semua bahasa dapat diterjemahkan ke dalam teks. Berikut caranya:

  • Install Gboard di Google Play Store, kemudian jadikan aplikasi ini sebagai alat ketik default di ponsel Android Anda.
  • Buka aplikasi apapun untuk mengetik, semisal Google Docs, WhatsApp, Gmail, dan lainnya.
  • Tap di area untuk memasukkan teks, dan tekan serta tahan logo mikrofon di Gboard.
  • Saat melihat Ucapkan Sekarang atau Speak Now, ucapkan hal yang ingin Anda tulis.
  • Sama halnya, untuk menambahkan tanda baca, Anda tinggal ucapkan “titik”, “koma”, “tanda seru”, “tanda tanya”, “baris baru”, dan “paragraf baru”.

Mengubah Suara jadi Teks Pakai Aplikasi

Selain menggunakan Google Keyboard, ada juga aplikasi perekam suara menjadi teks bernama Live Transcribe.

Aplikasi pengubah suara jadi teks ini tersedia di Google Play Store untuk Android ataupun App Store untuk iPhone/iPad. Berikut panduan lengkapnya:

  • Download dan install aplikasi Live Transcribe & Sound Notifications.
  • Lalu, ubah bahasa sesuai keinginan dengan menekan menu di bagian bawah.

cara mengubah suara video menjadi teks

  • Anda tinggal mengucapkan apapun yang ingin ditulis atau memutar file rekaman suara maupun video melalui mikrofon.

cara mengubah suara video menjadi teks

  • Otomatis, Live Transcribe akan mengetikkan apapun yang diucapkan oleh Anda atau rekaman suara dan video yang diputarkan melalui mikrofon.

cara mengubah suara video menjadi teks

  • Anda dapat menyimpan tulisan tersebut dengan cara menekan dan menahan tulisan di aplikasi, tekan Select All dan Copy. Lalu, tekan Paste di aplikasi Notepad, Google Docs, dan sejenisnya. Kemudian simpan teks tersebut.

5 Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks

Sesuai janji, berikut ini beberapa aplikasi pengubah suara jadi teks yang bisa Anda gunakan di ponsel Android maupun iPhone. Seluruh aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk “mengetik cepat”.

1. Live Transcribe

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOS
Live Transcribe

Aplikasi ini boleh dibilang sebagai tools pengubah suara jadi teks terbaik di Android maupun iPhone. Live Transcribe didukung oleh AI alias kecerdasan buatan yang dapat mengubah audio menjadi tulisan secara real-time.

Ada berbagai pilihan bahasa yang dapat Anda manfaatkan. Transkrip tulisan juga lebih rapi, meski ada beberapa typo yang harus Anda benarkan sendiri. Anda tak perlu menekan tombol apapun, karena aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks ini dapat mengenali suara secara otomatis, termasuk noise di sekitar.

2. Speechnotes

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOS
Speechnotes

Aplikasi untuk mengubah file rekaman suara atau video menjadi teks yang selanjutnya adalah Speechnotes. Aplikasi ini sudah didukung AI canggih dari Google, sob!

Sama halnya dengan Live Transcribe, aplikasi pengubah suara menjadi teks yang satu ini akan langsung mengenali dan menerjemahkan suara ke teks secara real-time.

Menariknya, aplikasi pengubah rekaman suara menjadi teks ini memungkinkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung meski aplikasi sedang mendikte ejaan dari suara. Selain itu, aplikasi juga dapat digunakan tanpa jaringan internet.

3. Google Keyboard

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOS
Google Keyboard

Google Keyboard juga tersedia di Android dan iPhone/iPad, lho. Lewat aplikasi keyboard ini, Anda dapat mengubah audio menjadi tulisan dengan mudah dan cepat.

Ada lebih dari 60 bahasa yang dapat diterjemahkan, selain bahasa Indonesia. Aplikasi untuk merekam suara menjadi tulisan ini juga tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Tinggal tekan tombol mikrofon, audio pun langsung diubah menjadi teks. Mudah, kan?

4. Notulite

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOS
Notulite

Aplikasi pengubah suara jadi teks berikutnya adalah Notulite. Aplikasi buatan lokal ini memiliki keunggulan dalam hal akurasi. Ejaan suara yang diubah ke dalam teks minim typo atau kesalahan.

Selain itu, Notulite juga mampu mengenali dan membedakan karakteristik suara setiap pembicara. Notulite juga memudahkan pengguna untuk mengedit tulisan secara langsung, meski aplikasi sedang menerjemahkan suara ke dalam teks.

5. Voice Search

Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks Android iOS
Voice Search (Foto: Search Engine Journal)

Jika Anda ingin mencari sesuatu di Google, tapi malah mengetiknya, gunakan saja aplikasi Voice Search untuk ubah suara jadi teks. Aplikasi bawaan Android ini terdapat di berbagai layanan Google dan mendukung banyak bahasa, termasuk Indonesia.

Anda tak perlu mengetik apapun di kolom pencarian, cukup ucapkan saja dan hasil pencarian pun bakal muncul di halaman utama aplikasi.

BACA JUGA:

 

Nah, itu tadi beberapa aplikasi pengubah file rekaman suara maupun video menjadi teks. Kami pun juga memberikan cara untuk mengubah suara menjadi teks di iPhone, iPad, sampai Android.

Anda dapat melihat rekomendasi aplikasi terbaik lainnya melalui kanal Telset Apps. Jika Anda mencari panduan lengkap, tips, dan trik, bisa juga mengakses kanal Telset How To. Semoga bermanfaat! (HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI