Di ‘Kampungnya’, BlackBerry Cuma Kebagian 15% Pangsa Pasar

Pangsa pasar BlackBerry di Kanada 2013

Jakarta – Sejumlah produk baru sudah diluncurkan, dan pucuk pimpinan pun telah berganti, namun BlackBerry belum bisa bangkit dari keterpurukan. Pangsa pasarnya kian tergerus, bahkan di kandangnya sendiri, Kanada.

Kanada sudah identik dengan BlackBerry, karena di negara itulah markas BlackBerry berdiri sejak masih menyandang nama Research in Motion. Sempat menikmati masa keemasan dengan menguasai pangsa pasar, kini apa daya, di markasnya sendiri pangsa pasar BlackBerry “terjun bebas” alias jeblok.

Menurut laporan terbaru comScore, market share BlackBerry di Kanada menunjukkan penurunan, dari 20 persen pada Desember 2012, tergerus menjadi 15 persen di bulan Desember 2013.

Hasil sebaliknya justru dicatat Android dan Apple iOS selama periode yang sama. Seperti dilansir Ubergizmo, Minggu (6/4/2014), comScore mencatat bahwa Android berhasil mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen dalam satu tahun atau menguasai 47 persen market share.

Sementara iOS meraih 5 persen, dengan market share 37% saat ini. Sedangkan Windows Phone juga masih belum menunjukan perkembangan yang membanggakan. Sistem operasi besutan Microsoft itu hanya kebagian pangsa pasar sebesar 2 persen.

ComScore juga melaporkan tentang tingkat penetrasi smartphone di Kanada yang mencapai 75 persen, atau naik dari 62 persen di tahun sebelumnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI