Array

Samsung Galaxy Note 3

Galaxy-Note-3

Desain

Meski hadir dengan diagonal layar 0,2 inch lebih panjang, tapi dimensi Galaxy Note 3 tidak lebih besar dari Galaxy Note 2. Beda panjang dan lebarnya praktis hanya seukuran rambut. Yup, jika Note 2 punya dimensi 151 x 80 x 9 mm, maka Note 3 berukuran 151.2 x 79.2 x 8.3 mm. Dan bisa dilihat bahwa Note 3 hadir dengan bodi yang lebih tipis. Bobotnya pun hanya 168 gram atau 12 gram lebih ringan dari Galaxy Note 2.

Secara tampilan, Note 3 juga sedikit lebih berkelas dari Galaxy Note 2. Casing-nya terlihat lebih mewah. Penggunaan material “plastik” yang dikemas meyerupai bahan kulit yang dijahit, membuatnya terkesan mahal. Terlebih dengan penggunaan chassis chrome yang dibuat bergerigi dengan pola garis-garis. Membuatnya enak dipandang dan nyaman saat digenggam. Tidak licin seperti halnya Galaxy S4 dan Note 2.

Pada bagian muka, Galaxy Note menempatkan tombol mekanik untuk mengakses home dan dua buah tombol kapasitif untuk kembali ke menu sebelumnya dan memunculkan menu option. Tombol tersebut ditempatkan persis di bawah layar berukuran 5,7 inch. Di atas layar ditanamkan lensa kamera, sensor, speaker telpon dan lampu notifikasi. Sementara pada sisi-sisinya terdapat tombol volume (kiri), tombol power (kanan), jack audio 3,5 mm dan inframerah (sisi atas). Sementara speaker,  lubang stylus, port micro USB 2.0, dan USB 3.0 ditanam di sisi bawah.

Untuk SIM Card dan slot micro SD, Note 3 menempatkannya dibalik casing bagian belakang, berada pada penampang yang sama dengan lensa kamera 13 MP dan lampu LED flash.

5.7″ Full HD Super AMOLED

Samsung Galaxy Note 3 menanamkan layar Super AMOLED berukuran 5,7 inch dengan resolusi 1920×1080 pixel. Kerapatan pixel-nya mencapai 326 ppi. Memiliki tingkat kontras dan saturasi warna yang cukup memanjakan mata. Anda bahkan bisa memilih mode layar (adapt Display, Dynamic, Standard, Professional Photo, dan Movie) untuk memberikan settingan warna yang pas untuk kenyamanan mata.

S Pen

Keberadaan S Pen dan fungsi pendukung lainnya, menempatkan Galaxy Note 3 di level yang lebih tinggi dari smartphone lainnya. Dan sungguh, S Pen milik Note 3 membuat kami jadi “lebih menghargai” stylus sebagai sebuah alat bantu untuk memaksimalkan fungsi layar sentuh. Fungsinya tidak sekadar untuk menavigasi menu ataupun metode input untuk tulisan tangan, tapi juga sebagai pengganti mouse, cropping tools, hingga alat untuk memaksimalkan fungsi multi tasking.

Jika dibandingkan dengan Note 2, stylus pada Note 3 didukung oleh beberapa fungsi baru. Salah satunya adalah Air Command. Fungsi yang memungkinkan Anda untuk mengakses action memo, scrap booker, screen write, s finder, dan pen window ini akan secara otomatis muncul saat stylus dikeluarkan dari selongsongnya ataupun saat tombol pada stylus ditekan dan diarahkan ke layar. Menariknya, Anda bisa memunculkan Air Command dari tampilan dan menu apapun.

Untuk fitur pendukung S Pen, Note 3 menambahkan beberapa fungsi yang bisa membuat beragam aktifitas menjadi lebih mudah. Untuk action memo misalnya. Selain berfungsi untuk membantu Anda mencatat alamat, nomor telpon dan catatan lain dengan tulisan tangan, action memo juga secara otomatis mengolah informasi yang Anda catat. Misal, Anda mencatat nama orang lengkap dengan nomor telponnya. Maka catatan tersebut bisa Anda masukkan langsung ke dalam phonebook. Jika Anda mencatat alamat, Anda bisa langsung mencari alamat tersebut melalui fasilitas peta.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menggunakan S Pen untuk cropping gambar, web, ataupun video youtube  untuk selanjutnya disimpan dalam scrap booker. Anda bahkan bisa mencomot gambar dari web, lalu Anda kirim ke teman melalui aplikasi chatting dengan cara drag and drop. Setelah sebelumnya membagi layar menjadi dua melalui fungsi pen window. Superb!

S Pen_1

S Pen 2

 

 

 

 

 

 

 

 

Motion Control

Seperti halnya Samsung Galaxy S4, Galaxy Note 3 juga menanamkan fungsi kontrol futuristik melalui fasilitas  S Pen, air command, air gestures, smart screen, air view, dan voice control. Dengan fasilitas tersebut, Anda bisa mengontrol beberapa fungsi dengan lambaian tangan (air gestures), gerakan pada handset (motion) ataupun dengan telapak tangan (palm motion). Sedangkan smart screen memungkinkan Anda untuk memastikan layar tetap menyala selama Anda melihat layar (smart stay), mem-pause video dengan cara memalingkan wajah (smart pause), dan men-scroll layar dengan menggunakan mata (smart scroll).

Motion

 

 

 

 

 

 

 

 

Konektivitas

Untuk konektifitas, Galaxy Note 3 tidak hanya support beragam jenis koneksi tapi juga mampu memaksimalkan masing-masing fungsinya. Untuk WiFi misalnya, selain dilengkapi fungsi tethering, WiFi Galaxy Note 3 juga support fungsi DLNA untuk sharing media file, transfer file antar perangkat via WiFi, dan sebagai penghubung ke Samsung Kies. Lalu ada juga NFC yang bisa difungsikan untuk payment, transfer konten aplikasi, ataupun perantara untuk S-Beam.

Konektifitas lain yang bisa Anda temui adalah bluetooth versi 4.0, micro USB, USB 3.0, GPS yang support satelit GLONASS, dan teknologi Miracast untuk screen mirroring ke layar yang berukuran lebih besar. Sementara untuk koneksi data, Galaxy Note 3 sanggup melewatkan data dengan kecepatan hingga 21 Mbps via jaringan HSPA+ operator seluler. Dan satu lagi, Galaxy Note 3 punya koneksi infra merah yang memungkinkan Note 3 difungsikan sebagai remote control untuk TV, Set Top Box, DVD Player, Blu Ray, AV Receiver, Streming Media Player, dan Home Projector. Fungsi tersebut bisa dimaksimalkan melalui fitur WatchOn.

Connectivity

 

 

 

 

 

 

 

 

Octa-Core Processor

Samsung Galaxy Note 3 yang kami pegang menggunakan prosesor Exynos  5420 Octa Core, 1.9GHz Octa-Core. Kapasitas RAM-nya sebesar 3 GB dan dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 32 GB yang bisa ditambah memorinya dengan micro SD berkapasitas hingga 64 GB. Secara performa, kami puas dengan kemampuan prosesing Galaxy Note 3, baik saat digunakan untuk rendering file multimedia maupun saat digunakan untuk “mengangkat” aplikasi berat. Dan menariknya, Galaxy Note 3 kami nilai pandai menghemat pemakaian daya sehingga sanggup hidup lebih dari satu hari. Overall, performa bukanlah isu bagi Galaxy Note 3.

Kamera

Sensor beresolusi 13 MP jadi salah satu keunggulan kamera Galaxy Note 3. Fitur tersebut ikut diunggulkan Samsung bersama dengan fungsi dual camera dan sound&shot.  Untuk fungsi dual camera, Galaxy Note 3 memungkinkan foto si pengambil gambar ikut ditampilkan bersama dengan objek foto. Sedangkan untuk sound&shot, Anda bisa ikut merekam suara saat pengambilan foto. Fungsinya adalah untuk membuat foto menjadi lebih hidup dengan tambahan suara pada saat momen pengambilan gambar.

Ada juga fitur drama shot. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menggabungkan beberapa foto ke dalam satu frame yang sama. Drama Shot bekerja dengan cara merekam video selama 4 detik untuk menghasilkan hingga 100 frame. Selanjutnya, Anda bisa memilih frame terbaik atau menggabungkan beberapa frame untuk selanjutnya disimpan dalam satu foto.

Untuk kualitas foto, Samsung Galaxy Note 3 kami nilai sebagai salah satu ponsel kamera dengan hasil foto terbaik. Respon sensornya cukup cepat. Hasil fotonya pun terlihat tajam dan punya pwarnaan yang cukup natural. Dan percayalah, pada saat mobile, Galaxy Note 3 lebih bisa diandalkan dibanding kamera digital konvensional.

Camera

 

 

 

 

 

Camera 3

 

 

 

 

 

Camera 2

 

 

 

 

 

Bechmark

Antutu             : 34946

Vellamo          : 2578

Nenamark2   : 60.4 fps

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Realme C3 Resmi Masuk Indonesia, Dibanderol Rp 1,6 Juta

Telset.id, Jakarta  – Realme resmi meluncurkan smartphone entry level realme C3 di Indonesia. realme C3. Smartphone entry level ini...

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...
- Advertisement -
X
X