iPhone 5S Lebih Cepat dari Smartphone Android Quad-Core

iPhone 5S ungguli LG G2 dan Galaxy S4 (Which?/telsetNews)
iPhone 5S ungguli LG G2 dan Galaxy S4 (Which?/telsetNews)

Jakarta – Sejumlah vendor ponsel papan atas kini seperti berlomba mengeluarkan smartphone dengan jumlah inti (core) yang lebih banyak. Namun ternyata jumlah core tidak menjamin performa smartphone akan menjadi paling cepat.

Setidaknya itu yang ditemukan oleh situs teknologi Which? yang melakukan tes Geekbench benchmark untuk mengetahui siapakah smartphone tercepat pada saat ini. Dalam pengujian tersebut, Which? mencoba beberapa smartphone papan atas, seperti Samsung Galaxy S4, iPhone 5, iPhone 5S, LG G2, dan HTC One.

Dengan menggunakan aplikasi GeekBench, Which? akan mencoba melakukan test kinerja prosesor saat harus mendapat beban kerja yang lebih berat, baik untuk smartphone dengan kemampuan single core dan juga multi core. Hasilnya?

Dari hasil pengujian tersebut, dapat diketahui iPhone 5S menjadi smartphone dengan performa paling cepat. Di posisi kedua ada LG G2 yang berhasil mengungguli Samsung Galaxy S4 yang berada di posisi ketiga, dan di posisi keempat ada HTC One.

Dari hasil test ini juga terungkap bahwa iPhone 5S berhasil memecahkan semua rekor dalam tes benchmarking prosesor yang pernah dilakukan Which?. iPhone 5S hampir dua kali lebih cepat dari iPhone 5, dan dan sekitar 50% lebih cepat dari Samsung Galaxy S4 .

Dari hasil test yang dilakukan Which? ini juga dapat diketahui bahwa jumlah core dalam sebuah prosesor tidak menentukan kecepatan performa smarphone. Hal itu dibuktikan oleh iPhone 5S yang hanya menggunakan prosesor 1.3GHz dual-core, tapi mampu mengungguli LG G2, Galaxy S4 dan HTC One yang menggunakan prosesor quad-core.

Well, kini bagi Anda yang selama ini bertanya-tanya soal smartphone mana yang memiliki performa paling cepat, hasil test benchmark ini telah memberikan gambaran tentang smartphone mana yang tercepat saat ini.

Namun harap dicatat, dalam penggunaan normal saat untuk menjalankan menu di ponsel atau membuka-buka aplikasi ringan, kecepatan iPhone 5S dan smartphone pesaingnya sama cepat dan sama responsifnya.

Anda akan bisa melihat keunggulan iPhone 5S saat menggunakan smartphone teranyar Apple itu untuk membuka aplikasi yang besar seperti game atau mengedit video yang bebannya lebih berat.

Berikut ini adalah skor dari beberapa smartphone yang diuji berdasarkan tes Geekbench benchmark yang dikutip telsetNews dari situs Which, Minggu (20/10):

1. Apple iPhone 5s: 1410 (single core), 2561 (multi core)

2. LG G2: 882 (single core), 2355 (multi core)

3. Samsung Galaxy S4: 687 (single core), 1939 (multi core)

4. HTC One: 643 (single core), 1805 (multi core)

5. Apple iPhone 5c: 711 (single core), 1281 (multi core)

6. Samsung Galaxy S4 Mini: 649 (single core), 1135 (multi core)

7. HTC One Mini: 477 (single core), 880 (multi core)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI