Microsoft Patenkan Smart Glass Augmented Reality untuk Gaming

Jakarta – Semakin banyak perusahaan-perusahaan teknologi raksasa yang tertarik membuat kacamata pintar. Setelah sebelumnya Google yang diketahui tengah menyiapkan Google Glass, kini Microsoft juga akan segera menyusul membuat kacamata pintar.

Berbeda dengan Google Glass yang telah diperkenalkan ke publik, kacamata pintar besutan Microsoft ini masih berupa pengajuan paten. Paten teknologi kacamata pintar Microsoft ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari Google Glass.

Seperti dilansir Engadget, Senin (5/8), perusahaan teknologi yang didirikan Bill Gates ini dilaporkan telah mengajukan paten teknologi Smart Glass berbasis Augmented Reality (AR) pada November 2012 dan telah disetujui oleh lembaga paten dan merek dagang Amerika Serikat.

Paten teknologi Smart Glass buatan Microsoft tersebut meliputi teknologi eye-tracking information, depth information, facial recognition information, potential player head-mounted display device information, dan potential player voice data.

Secara fungsional kacamata pintar Microsoft ini berbeda dengan smart glass buatan Google. Jika Google Glass memiliki fungsi yang lebih mirip smartphone, Microsoft mendesain kacamata pintarnya khusus untuk multiplayer gaming.

Kacamata pintar yang belum memiliki nama ini rencanya akan berfungsi sebagai kontroler game Xbox One. Permintaan paten yang diajukan tersebut memungkinkan banyak pemain untuk berpartisipasi dalam game perangkat tersebut.

Para pengembang teknologi berharap teknologi AR pada smart glass yang dibawa Microsoft dapat menyempurnakan perangkat navigasi Kinect yang ada sehingga mampu menjadi kontroler Xbox One yang canggih.

Meski paten Smart Glass Microsoft telah terungkap ke publik, namun pihak Microsoft hingga kini masih belum mau mengungkap secara detil tentang rencana pengembangan kacamata pintarnya tersebut.

Sebelumnya, di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) pada Juni 2012 lalu, Microsoft juga telah mengungkap sedikit tentang proyek Smart Glass yang tengah mereka kembangkan. Aplikasi tersebut diperkenalkan kepada publik dalam keynote speech di acara E3.

Dijelaskan, Smart Glass buatan Microsoft ini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memainkan video, browsing Internet, maupun aplikasi lain dari perangkat bergerak mereka ke layar televisi dengan bantuan Xbox 360.

Selain itu, teknologi ini juga berpotensi memfungsikan tablet maupun smartphone sebagai pengontrol game. Dengan menggunakan Smart Glass, pengguna juga dapat merasakan sensasi “multi screen”, karena tablet maupun ponsel dapat menjadi layar tambahan yang menyediakan informasi mengenai media yang sedang dimainkan. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI