Array

Mengirim 360 SMS per Jam, XL Langsung Blokir Nomor

ilustrasi SMS Spam
ilustrasi SMS Spam

Jakarta – Peredaran SMS spam masih saja terus terjadi hingga saat ini dan sangat menganggu pelanggan. Karena itu, operator XL Axiata coba mengatasinya dengan menerapkan fasilitas anti spam.

“Pengiriman SMS spam tentunya menggangu kenyamanan pelanggan. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengidentifikasi nomor-nomor yang melakukan pengiriman SMS secara tidak wajar,” kata Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk di Jakarta, Kamis (28/3).

Fasilitas anti spam yang diterapkan XL adalah dengan cara membatasi jumlah SMS yang dapat dikirim oleh seseorang di luar batas kewajaran dengan menggunakan layanan SMS XL. Selain itu, XL menyediakan fasilitas pelaporan SMS spam/SCAM di 588, dengan format “Lapor#MSISDN spammer#isi SMS”, atau dengan menghubungi customer service XL di 817.

Ia menyebutkan, XL melakukan pemantauan atas tingginya frekuensi pengiriman SMS dalam jangka waktu tertentu yang bisa dianggap terlalu berlebihan, yakni lebih dari 360 SMS/jam, maka bisa diindikasikan untuk mengirimkan SMS spam.

Tindakan yang dimaksud XL adalah dengan cara tidak meneruskan SMS yang dikirim atau blok atas layanan SMS. “Kami melakukannya berdasarkan Peraturan Menteri yang mewajibkan operator untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” ucap Turina.

Menurutnya, bagi pelanggan perorangan sangat tidak wajar jika dalam 1 jam mampu melakukan pengiriman lebih dari 360 SMS ke nomor yang berbeda dalam jumlah yang banyak. “Kecuali SMS dikirimkan melalui mesin untuk konten yang sama dan ditujukan ke banyak nomor secara acak,” imbuhnya.

SMS yang dikirimkan dengan cara ini, lanjut Turina, besar kemungkinan berisi pesan yang bersifat non-personal dan nomor-nomor penerima juga tidak mengenal pengirimnya alias tergolong SMS spam.

“Jumlah 360/jam kami jadikan batasan minimal atas pertimbangan bahwa kecil kemungkinan pelanggan perorangan mampu mengirimkan pesan personal kepada pemilik nomor yang dikenal dan mengenalnya,” ujarnya menjelaskan alasannya.

Pemblokiran terbatas untuk layanan SMS saja. Pelanggan yang nomornya diblokir dapat menggunakan kembali fasilitas SMS-nya, setelah menandatangani pernyataan tertulis bahwa tidak akan lagi mengirimkan SMS ke banyak nomor secara tidak wajar.

Jika nomor yang fasilitas SMS-nya telah dapat dipergunakan kembali tersebut diketahui kembali digunakan untuk mengirimkan SMS ke banyak nomor secara tidak wajar, maka XL berhak untuk mematikan nomor tersebut secara permanen.

“Sementara untuk nomor yang terbukti melakukan SMS penipuan, nomornya akan di-block permanen sesuai dengan parameter yang diberlakukan di XL,” pungkasnya.[HBS]

1 KOMENTAR

  1. I’m impressed, I must say. Rarely do I come across a blog
    that’s both equally educative and interesting, and let me tell you,
    you’ve hit the nail on the head. The issue is something that too few people are speaking intelligently about.
    I’m very happy that I came across this during my search for something regarding this.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme X50t 5G Siap Debut, Spek Mirip X50m 5G

Telset.id, Jakarta – Realme bisa kami sebut sebagai vendor yang paling aktif meluncurkan produk baru di 2020. Setelah baru...

LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional

Telset.id, Jakarta - LinkAja bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan layanan belanja online di pasar tradisional. Total ada...

Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020

Telset.id, Jakarta - XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data selama lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau...

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Telset.id - Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan...

Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis di HP Android

Telset.id - Kerap terjadi ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan, sampai lupa balas pesan WhatsApp dari teman, keluarga, atau...
- Advertisement -