Array

Pengguna BlackBerry Bisa Transfer Uang Via BBM

Acara peluncuran BBM Money
Acara peluncuran BBM Money

Jakarta – Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) sangat populer di Indonesia. Kini BBM tak hanya bisa digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga sekarang bisa digunakan untuk mengirimkan uang dan isi ulang pulsa lewat layanan yang diberi nama BBM Money.

Untuk menjalankan layanan barunya ini di Indonesia, BlackBerry menggandeng Bank Permata dan PT Agit Monitise Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara Monitise Asia Pasifik dan Astra Graphia Information Technology.

Aplikasi yang bisa berjalan di BlackBerry OS versi 5,6 dan 7 ini bisa didownload secara gratis di BlackBerry World. Indonesia mendapat kehormatan menjadi pilot project percontohan komersial pertama layanan transfer uang lewat aplikasi mobile BlackBerry.

“Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang dikenalkan layanan BBM Money. Nanti selanjutnya akan dikembangkan juga di negara lain,” kata Eka Anwar, Direktur Marketing BlackBerry Indonesia di sela acara peluncuran BBM Money di Jakarta, Selasa (26/2).

Eka menuturkan, inovasi ini sangat penting untuk melancarkan bisnis pengguna BBM. Karena, selama ini pengguna hanya menggunakannya untuk chatting saja. “Kita ingin created excitement BBM sehingga tidak hanya sekedar digunakan untuk chating biasa,” jelasnya.

Dengan fitur BBM Money ini, jelas Eka, pelanggan dapat membuat dan mengakses rekening mobile dari handset BlackBerry-nya, dan melakukan pembayaran langsung secara real time ke kontak BBM mereka yang juga telah mendaftar ke layanan yang sama.

“Layanan BBM Money juga bisa digunakan untuk membeli pulsa isi ulang telepon seluler dan mentransfer uang ke rekening bank. Pengguna bisa mengisi uang ke dalam rekening mobile mereka dari rekening bank apa pun di Indonesia,” terangnya.

Sementara Bank Permata akan mengeluarkan rekening mobile dengan akun virtual dan memproses transaksi keuangan. Tak usah khawatir soal keamanannya, karena layanan ini sudah memiliki standar keamanan yang baik termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan dan batas seperti yang dipersyaratkan oleh Bank Permata di bawah ketentuan Bank Indonesia.

David Fletcher, Direktur Utama Bank Permata mengatakan, layanan BBM Money ini merupakan jawaban terhadap pertumbuhan nasabah dan kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang mudah dan nyaman dengan menggunakan smartphone.

“Ini sejalan dengan visi kami untuk menjadi pelopor dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif dan juga mencerminkan dukungan kami terhadap kebijakan BI terkait cashless society di Indonesia,” kata David.

Dijelaskannya, proses pendaftarannya sederhana sesuai yang ada di dalam aplikasi, pelanggan BBM dapat membuat sebuah akun BBM Money dengan Bank Permata dan dapat mulai mengisi uang tunai ke dalam akun tersebut melalui salah satu dari 70.000 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah datang ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan pemeriksaan identitas, pelanggan dapat dengan aman melakukan pembayaran ke kontak BBM mereka yang sama-sama memiliki layanan BBM Money dan mentransfer uang ke rekening bank lain dengan menggunakan aplikasi ini.

“Kedepannya, BBM Money akan kita lengkapi dengan fasilitas bill payment lainnya, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran listrik, telepon atau tagihan lainnya,” imbuhnya.

Namun pihak BlackBerry belum bisa memastikan jumlah merchan yang akan masuk dalam daftar kerjasama layanan BBM Money ini. Dan untuk sementara, maksimal sekali transfer uang di BBM Money mencapai Rp 5 juta. Sedangkan dalam jangka waktu sebulan batas maksimalnya adalah Rp 20 juta.[wnh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 Headphone Gaming Berkualitas Harga Rp 500 Ribuan

Telset.id - Kamu sedang mencari headphone gaming berkualitas dengan kisaran harga Rp 500 ribuan? Ada cukup banyak pilihan yang...

Biar Gak Dikepoin, Begini Cara Private Akun Instagram

Telset.id - Takut akun Instagram Anda dikepoin orang yang tidak dikenal? Mungkin Anda perlu mengubah akun Anda menjadi private....

Garmin Upgrade 3 Varian Smartwatch “Solar Edition”

Telset.id - Garmin kembali meluncurkan smartwatch terbaru "Solar Edition", yang merupakan upgrade dari versi yang sebelumnya telah hadir, yaitu...

Vivo iQOO Z1x: Spesifikasi Ngegas dengan Fitur Gaming Lengkap

Telset.id - Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, tepat pada tanggal 9 Juli 2020, Vivo meluncurkan smartphone terbaru...

Duo RedmiBook 16 dan 14 II Dirilis dengan Intel Gen 10

Telset.id, Jakarta - Xiaomi menghadirkan dua laptop terbaru, RedmiBook 16 dan RedmiBook 14 II yang telah dilengkapi dengan prosesor terbaru...
- Advertisement -