TikTok Ajak Bikin Video Edukasi Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, JakartaTikTok kembali menyelenggarakan kompetisi yang disebut sebagai program Sama-Sama Belajar. Pemenangnya berkesempatan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah.

Kompetisi ini menantang para pengguna TikTok untuk membagi pengetahuan dan ilmunya melalui video singkat dengan cara yang kreatif.

Riset berjudul What You Watched in a Day mengungkapkan bahwa dua alasan terbesar mengonsumsi video singkat, yakni untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri.

Hasil riset ini sejalan dengan tren konten yang ada di TikTok, dimana konten edukasi menjadi salah satu dari konten paling populer di aplikasi sejak akhir tahun lalu.

{Baca juga: Riset: Tak Ada Malware dan Transmisi Data Mencurigakan di TikTok}

Tren ini semakin berkembang dengan diluncurkannya program #SamaSamaBelajar pada bulan Mei lalu, dan hingga kini telah mendapatkan 16,2 miliar views.

Untuk memperkaya konten edukasi di aplikasi, TikTok mengadakan kompetisi #BerbagiIlmu yang mendapat antusiasme yang cukup besar.

Melihat sambutan positif ini, TikTok kembali mengadakan kompetisi serupa bertajuk Sama Sama Belajar yang terdiri dari #BerbagiSkill yang akan berakhir pada 31 Juli ini dan dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta di bulan Agustus.

Indra Aziz, pelatih vokal profesional, mengakui bahwa format interaktif dengan durasi yang singkat mampu memberikan wadah baginya untuk terkoneksi dengan generasi muda yang gemar berkreasi dan juga membutuhkan informasi yang ringkas.

“Selama puluhan tahun saya mengajar vokal, semakin muda generasinya memang semakin tidak ingin mendengar terlalu banyak teori. Mereka lebih senang yang to-the-point dan langsung terjun mencobanya,” kata Indra.

“Video tutorial yang saya bagi di TikTok pun mendapatkan banyak respon duet dari pengguna lainnya, yang menunjukkan bagaimana mereka langsung mempraktikkan tips yang saya berikan, seperti mengenai beatboxing dan pernapasan vokal,” sambungnya.

{Baca juga: Tegas! TikTok Hapus 49 Juta Video Sepanjang Tahun 2019}

Sementara itu, Jason Iskandar, sutradara film dan juga pendiri Studio Antelope, melihat potensi video singkat sebagai bentuk kreativitas baru di industri film.

“Cukup banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun ke dunia film sebagai orang di balik layar, tapi belum tahu harus mulai dari mana, seperti berbagai komentar yang saya terima di video TikTok saya,” kata Jason.

Melalui kompetisi #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat membagikan video tentang  pengetahuan umum seputar profesinya, atau konten seputar motivasi, bisnis, dan fakta menarik.

Sedangkan di #BerbagiSkill, semua pengguna berkesempatan untuk berbagi tips dan tutorial DIY dan life hack sehari-hari.

“Sebagai platform yang inklusif, siapa pun berkesempatan untuk berbagi kemampuan dan keahliannya di TikTok, dan menginspirasi pengguna lain untuk belajar dan bahkan ikut berbagi pengetahuan mereka,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia.

{Baca juga: TikTok Ajak Orangtua Lindungi Anak Lewat Family Pairing}

Untuk mengikuti kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat mengunggah konten berdurasi 15-60 detik tentang tips dan tutorial, lifehack, dan sains teknologi untuk #BerbagiSkill, atau pun pengetahuan umum, motivasi, bisnis, atau fakta menarik untuk #BerbagiFakta.

Pengguna disarankan untuk memanfaatkan berbagai fitur di TikTok, serta menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #BerbagiSkill atau #BerbagiFakta.

Kompetisi #BerbagiSkill dibuka pada 21 Juli dan akan berakhir pada 31 Juli 2020, sementara #BerbagiFakta akan dibuka pada tanggal 11 Agustus hingga 28 Agustus 2020.

Terdapat total hadiah senilai Rp 150 juta masing-masing untuk pemenang kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta dan juga beberapa hadiah menarik lainnya. [HR/HBS]

Yuk, Nonton Video Terbaru “REALME C15 UNBOXING: Baterai 6000 mAh, Pantang Ngecas!!”:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI