Google Tak Sengaja Ungkap Tanggal Rilis Android 11

Telset.id, Jakarta – Google secara tak sengaja mengungkap tanggal rilis Android 11. Menurut bocoran yang beredar, Google bakal memperkenalkan sistem operasi Android 11 pada 8 September 2020 nanti.

Menurut laporan phoneArena, seperti dikutip Telset.id, Kamis (09/07/2020), bocoran itu disampaikan oleh Michele Turner, yang tak lain Direktur Manajemen Produk Big G dari divisi Smart Home Ecosystem.

Rencana rilis Android 11 oleh Google pada 8 September 2020 mendatang tidaklah mengejutkan. Sebab, berkaca kepada rilis Android 10, Google saat itu memilih waktu pada 3 September 2019.

{Baca juga: Android 11 Dukung 84 Kontroler Game, Ini Daftarnya!}

Sistem operasi terbaru Android 11 bakal hadir dengan “tempat sampah” tersembunyi, mirip seperti Recycle Bin di sistem operasi Windows. Pengguna bisa “memungut” ulang data yang kadung dihapus dari perangkat.

Di komputer, penghapusan data biasanya akan berakhir di tempat sampah bernama Recycle Bin. Keberadaannya berguna untuk membantu kemungkinan Anda mengambil lagi data yang telanjur dihapus.

Namun, di smartphone, tidak ada fasilitas semacam itu. Pun ada yang tempat sampah sejenis,  tidak ada yang benar-benar berfungsi seperti Recycle Bin. Anda bisa “memungut” ulang data, tetapi tidak akan mudah.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Di Android 11, Google bakal memperkenalkan fitur tempat sampah tersembunyi mirip Recycle Bin yang disembunyikan dan tidak terorganisir secara baik. Tujuan sebenarnya mungkin supaya tidak bisa diintip.

Selain itu, Google pun bakal menghadirkan fitur bernama Bubbles untuk Android Messages di sistem operasi Android 11. Fitur Bubbles di Android 11 ini mirip seperti fitur chatting yang melayang di Facebook Messenger versi Android.

Google sendiri seharusnya memperkenalkan Android 11 pada 3 Juni 2020 lalu. Akan tetapi, raksasa pencarian ini menundanya gara-gara terjadi kerusuhan di Amerika Serikat (AS) seiring kematian warga kulit hitam bernama George Floyd oleh polisi.

{Baca juga: Bubbles, Fitur Anyar Android 11 yang Mirip Facebook Messenger}

Lewat pengumuman resmi, Google menundanya dan akan memberi pengumuman lebih lanjut tentang versi baru Android tanpa menentukan tanggal.

“Kami senang memberi tahu Anda lebih banyak tentang Android 11. Namun, sekarang bukan saatnya untuk melakukan perayaan,” jelas Google dalam sebuah pesan di situs pengembang Android, seperti dilansir Reuters. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI