Langgar Pidato Kebencian, Reddit Cekal Kelompok Pro-Trump

Kelompok Pro-Trump

Telset.id, Jakarta  – Reddit cekal kelompok Pro-Trump karena secara konsisten melanggar aturan pidato kebencian. Layanan streaming Twitch juga mengeluarkan larangan atas alasan serupa.

Reddit dan Twitch mengikuti jejak perusahaan media sosial seperti Twitter yang menyensor Trump serta kampanyenya. Twitter menghapus tweet atau cuitan dan menandainya sebagai hoaks alias informasi salah.

{Baca juga: Akun Snapchat Donald Trump Dihapus, Lawan Politik Girang}

CEO Reddit, Steve Huffman, mengumumkan bahwa dewan komunitas atau subreddit “The_Donald” dengan 790 ribu anggota memposting video viral, meme, dan konten tentang rencana larangan presiden dari situs.

“Reddit adalah tempat untuk komunitas, bukan untuk menyerang orang,” kata Huffman kepada wartawan dan kali pertama dipublikasikan New York Times, dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut, Huffman mengatakan bahwa kelompok pro-Trump tersebut telah melanggar aturan Reddit dengan mengizinkan para anggotanya untuk menargetkan orang lain dengan pidato kebencian.

Twitch, yang dimiliki oleh Amazon, juga melarang presiden dari platform setelah akunnya menyiarkan ulang sebuah reli lama di mana Trump mengklaim Meksiko mengirim pemerkosa ke Amerika Serikat.

Langgar Hak Cipta, Twitter Cekal Pencipta Meme Pro-Trump

Twitch menghapus video yang dijuluki “konten penuh kebencian” serta menandai komentar yang dibuat oleh Trump pada rapat umum, baru-baru ini, di Tulsa, Oklahoma, menurut sebuah laporan oleh The Verge.

Sebelumnya, Twitter telah secara permanen menangguhkan pengguna bernama Carpe Donktum, yang membuat meme pro-Trump. Carpe Donktum dinilai melakukan pelanggaran hak cipta secara berulang.

Carpe Donktum menjadi terkenal di kalangan kaum konservatif setelah beberapa videonya dibagikan oleh Trump. Terbaru adalah video menyindir CNN, yang kemudian dinonaktifkan karena keluhan hak cipta oleh pemilik konten.

Seorang juru bicara Twitter mengonfirmasi bahwa perusahaan melakukan hal itu untuk menanggapi keluhan hak cipta valid dari si pemilik atau perwakilan resminya. Akun tersebut pun terpaksa ditangguhkan permanen.

Carpe Donktum lalu mengeluarkan pernyataan. Ia mengaku menerima Digital Millennium Copyright Act (DMCA) yang membatalkan urutan video dari Trump. [SN/HBS]

 

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here