Memberdayakan Fitur Kid Space dan Parental Controls di Smartphone

Telset.id, Jakarta – Teknologi menjadi semakin kompleks dan kompleks saja dari hari ke harinya. Bagi sebagian, katakan saja para orang tua, ini bahkan berpotensi melukai. Dalam hal ini ketika itu membawa pengaruh buruk pada anaknya. Smartphone, misalnya, baik itu ketika membuat anak kecanduan, membuat anak melihat konten yang tidak seharusnya, atau bahkan membuat anak malas belajar. Karena itulah, apa yang dipanggil sebagai Kid Space dan Parental Controls sangat dibutuhkan.

Apa ini? Sebuah aplikasi, atau fitur yang tugasnya bukan saja menyeleksi situs yang aman alias filtering, tetapi juga memungkinkan orang tua untuk memantau aktivitas anak-anaknya dalam penggunaan smartphone. Katakan saja, mengatur jadwal terkait kapan si anak bisa online dan kapan tidak.

Saat ini, sementara banyak ditemukan aplikasi yang bertugas sebagai Kid Space dan Parental controls di luar sana, tak sedikit pula smartphone yang bahkan telah menyertakan dirinya dengan kedua fitur tersebut. Salah satunya Oppo A92.

{Baca juga: Mendongkrak Produktivitas Lewat Mode Split Screen di Oppo A92}

Lewat mode Kid Space pada Oppo A92, para orang tua bisa menentukan aplikasi yang boleh diakses oleh anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit, dan seterusnya. Jika sudah terpasang, mode ini tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih oleh orang tua.

Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk mencegah anak melakukan pembelian items dari game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penggunaan kuota internet.

Sementara itu, Parental Controls berguna untuk memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki smartphone sendiri. Dengan begitu, sebagai orang tua Anda bisa memantau aktivitas dalam menggunakan gawainya dari perangkat yang terpisah. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store.

Lewat aplikasi Google Family Link ini, orang tua dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak. Hal ini dapat mencegah anak-anak untuk tidak mengunduh konten atau game yang seharusnya belum boleh mereka tonton dan mainkan.

{Baca juga: Cara Aktifkan Mode Kamera 48MP Oppo A92}

Saat ini, penggunaan smartphone di kalangan anak sendiri boleh dibilang memang cukup krusial. Terlebih, dengan dilangsungkannya proses belajar mengajar secara online, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Lewat smartphone dan akses internet, anak-anak bisa berkomunikasi dengan guru atau teman mereka, bermain game atau menonton YouTube sebagai hiburan atau bagian dari edukasi. Meminjamkan gadget atau smartphone kepada anak-anak setidaknya bisa membantu mengurangi rasa bosan selama pembelajaran di sekolah belum kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -