Apple Serius Tingkatkan Fitur Game di iOS 14 dll

Telset.id, Jakarta – Apple nampaknya ingin mengikuti langkah vendor smartphone Android yang meningkatkan berlomba-lomba menghadirkan fitur gaming pada perangkatnya. Pasalnya, di sistem operasi terbaru iOS 14, iPadOS 14, dan tvOS, Apple menambahkan fitur game berupa remapping controller dan haptic feedback.

Bukan cuma dua fitur itu saja. Apple pun memberikan kemampuan pada iPad agar dapat mendukung keyboard dan mouse untuk kebutuhan main game.

Fitur-fitur gaming yang dihadirkan Apple merupakan jawaban atas permintaan para developer beberapa waktu lalu.

{Baca Juga: Dukung Apple Silicon, Mac Mini Dihadirkan Sebagai ‘DTK’}

Saat itu, para developer dan gamers meminta dukungan haptic kepada Apple. Dukungan ini membuat para gamers bisa merasakan hal-hal tertentu dalam permainan, seperti pukulan, ledakan, dan tembakan.

Rencananya, fitur remapping controller akan tersedia secara global untuk seluruh controller yang ada, seperti DualShock 4 dari Sony, sampai Xbox Elite Wireless Controller Series 2. Pengguna dapat menyesuaikan tombol berdasarkan game yang dimainkan.

Sementara untuk dukungan keyboard dan mouse, Apple sampai sekarang masih meningkatkan kemampuannya di OS terbaru mereka. Sebab, sistem baru bisa mengenali perintah apabila pengguna menekan tombol satu persatu, bukan dua tombol atau lebih secara bersamaan.

Begitu pula dengan dukungan mouse yang masih terasa kurang responsif. Apple memberikan akses bagi pengembang aplikasi maupun game untuk meningkatkan dukungan agar lebih responsif ketika digunakan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Bersamaan dengan semua peningkatan tersebut, Apple juga merombak antarmuka di aplikasi Game Center. Desain yang diperbarui mencakup dasbor baru dengan tampilan transparan di atas game, serta mendukung orientasi lanskap dan potret.

FItur Game iOS 14

Apple juga telah mendesain ulang bagian Achievement di fitur game mereka, dan membuat seluruh tampilan dan nuansa aplikasi terlihat lebih konsisten untuk iOS 14, iPadOS 14, tvOS, dan macOS Big Sur.

{Baca Juga: Apple AirPods dapat Update Firmware, Hadirkan Pengalaman ala Bioskop}

Semua peningkatan ini menunjukkan bahwa Apple telah menginvestasikan banyak waktu untuk meningkatkan performan game di iPhone, iPad, dan Apple TV.

Tapi yang agak mengherankan, sampai sekarang Apple belum meluncurkan perangkat kontroler mereka sendiri. Apabila Apple meluncurkan kontroler buatan sendiri, tentunya akan lebih mulus untuk digunakan di semua perangkat mereka termasuk iPad, Apple TV, dan Mac. (IR/MF)

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI