11 Penyebab Charger Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya

Telset.id – Mengenal penyebab charger laptop rusak dan bagaimana cara mencegah hal tersebut terjadi sangatlah penting. Sebab, adaptor charger adalah aksesoris terpenting untuk laptop atau komputer jinjing yang Anda gunakan.

Fungsi charger sangatlah penting. Tanpa adaptor charger, laptop tidak akan dapat diisi daya, dan tentunya juga tidak dapat difungsikan.

Hal-hal yang mungkin kita anggap sepele sebenarnya bisa menjadi penyebab charger laptop menjadi rusak. Kebiasaan yang buruk saat menggunakan aksesoris charger, mungkin tidak akan dirasakan dalam waktu singkat.

Namun lambat laun rupanya bisa menjadi penyebab adaptor charger laptop menjadi rusak. Makanya, Anda wajib tahu apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan.

Berikut ini tim Telset akan memberikan informasi, apa saja yang menjadi penyebab adaptor charger laptop rusak dan juga cara mencegah hal tersebut bisa terjadi.

Baca juga: Penyebab Laptop Tak Bisa Main Game dan Cara Mengatasinya

Terdapat 11 penyebab charger laptop mengalami kerusakan. Penyebab tersebut harus dipelajari dan dihindari demi menjaga laptop supaya awet bisa dan dipakai selama bertahun-tahun. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Asal Cabut Colokan Charger

 Penyebab adaptor Charger Laptop Rusak

Penyebab charger laptop mudah rusak yang pertama adalah kesalahan dalam mencabut colokannya. Sering kali kita terburu-buru atau karena sudah menjadi kebiasaan, saat mencabut colokan dari power socket, kita justru menariknya hingga terlepas.

Ini akan merusak charger dan membuat colokan charger laptop rusak, karena saat menarik kabel bisa jadi serat tembaga yang ada di dalamnya ikut terputus.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus berhati-hati saat mencabut colokan. Pegang kepala charger saat hendak melepasnya dari stop kontak, agar tidak menyebabkan serat kabel terputus.

2. Menggunakan Charger Bukan Bawaannya

Penyebab Charger Laptop Rusak

Anda suka menggunakan charger tidak resmi atau bukan bawaannya ketika mengisi baterai laptop? Kebiasaan buruk ini bisa jadi alasan kenapa charger laptop tidak berfungsi.

Berbeda dengan smartphone, charger laptop pada umumnya memiliki port yang berbeda-beda tiap brand atau bahkan modelnya. Jika Anda memasangkan adaptor charger pada laptop yang bukan pasangannya, bisa menyebabkan konektor patah.

Pastinya, adaptor jadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Parahnya lagi, bukan hanya adaptor charger yang rusak, laptop pun bisa ikut rusak.

3. Memasang Konektor Charger Tidak Hati-hati

Penyebab Charger Laptop Rusak

Jikapun Anda memakai adaptor charger bawaan, Anda juga harus tetap hati-hati ketika memasangkannya ke laptop. Jangan sampai Anda merusak pin tembaga yang ada di ujung konektor.

Untuk mencegah kerusakan tersebut, pasang konektor secara hati-hati. Jangan kasar saat memasang adaptor charger. Pastikan juga posisi konektor terpasang dengan aman dan tidak tertekuk yang akan membuatnya rusak.

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi yang Pernah Terhubung

4. Sering Menggulung atau Mengurai Kabel

 Penyebab Charger Laptop Rusak menggulung kabel

Sering menggulung dan mengurai kabel juga bisa menjadi penyebab charger laptop tidak berfungsi. Karena saat digulung atau diurai, tentu kabel mengalami perubahan bentuk yang mungkin tidak terlihat secara langsung dari luar.

Penyebab Charger Laptop Rusak

Untuk mencegah kerusakan tersebut, jangan terlalu sering menggulung dan mengurai kabel adaptor charger laptop. Posisikan laptop di tempat yang tepat, sehingga Anda tidak perlu sering mengubah gulungan kabel adaptor charger.

5. Lama Terhubung dengan Stop Kontak

Penyebab Charger Laptop Rusak

Penyebab kerusakan charger laptop lainnya adalah terlalu lama terhubung dengan power socket atau stop kontak. Sering kali kita membiarkan adaptor tetap terhubung dengan stop kontak padahal sudah tidak digunakan.

Ini akan menyebabkan adaptor menjadi panas, dan lambat laun akan mengalami kerusakan. Untuk mencegahnya, tentu dengan tidak membiarkan adaptor terus terhubung dengan listrik saat sudah tidak digunakan.

Lagipula, tak hanya jadi penyebab charger laptop cepat rusak, membiarkan adaptor charger tetap terhubung saat sudah tidak dibutuhkan akan menjadi pemborosan dalam pemakaian listrik.

6. Baterai Laptop Rusak 

Charger Laptop Rusak

Tunggu, apakah baterai laptop rusak juga bisa menjadi penyebab adaptor charger rusak? Ada dugaan kalau baterai yang rusak akan membuat adaptor charger tidak bisa mengalirkan daya listrik secara maksimal.

Dampaknya, charger jadi ikut rusak bersama dengan baterai. Untuk itu Anda disarankan untuk mengecek kondisi baterai laptop secara rutin untuk mengetahui kondisi baterai laptop Anda.

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Laptop, Biar Awet!

7. Laptop Terlalu Panas 

Penyebab Charger Laptop Rusak

Penyebab lainnya adalah kondisi laptop yang terlalu panas. Biasanya suhu laptop bisa menjadi panas karena dipakai dalam durasi yang lama atau digunakan di luar ruangan khususnya saat cuaca panas.

Masalah laptop panas ini jangan disepelekan karena dapat merusak berbagai komponen lain di laptop termasuk charger. Oleh sebab itu, cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi ketika suhu laptop sedang naik atau panas adalah dengan berhenti sementara waktu.

Tujuannya untuk menjaga kondisi laptop dan perangkat pendukung seperti charger agar tidak rusak dan tetap awet.

8. Gangguan Pada Port Charger Laptop

charger laptop rusak

Gangguan pada port atau lubang yang menghubungkan charger dengan laptop juga bisa menjadi penyebab kenapa adaptor rusak. Masalah debu atau terkena cipratan air bisa jadi beberapa alasan port charger laptop rusak.

9. Menggunakan Charger Palsu atau Tidak Resmi

Penyebab Charger Laptop Rusak

Penyebab adaptor charger rusak selanjutnya adalah gara-gara Anda menggunakan charger yang tidak resmi alias KW. Charger KW memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan produk asli.

Anda disarankan untuk membeli charger laptop yang asli dari toko resmi agar bisa mendapatkan perangkat pengisian daya yang lebih awet.

10. Masalah Pada Driver Laptop

charger laptop rusak

Driver laptop juga merupakan aspek penting. Anda disarankan untuk selalu memperbarui software driver laptop untuk menjaga tidak adanya kerusakan pada hardware, termasuk yang berkaitan dengan proses pengisian daya.

Mungkin saja, kerusakan pada driver membuat adaptor charger tidak dapat mengisi daya laptop secara stabil dan maksimal.

11. Kabel Charger Rusak 

charger laptop rusak

Terakhir adalah kabel charger rusak. Hal ini harus Anda perhatikan karena kerusakan pada kabel dapat menganggu proses pengisian daya ke baterai laptop. Untuk itu Anda disarankan untuk menjaga kondisi kabel atau menggantinya jika sudah mengelupas.

Nah, itu tadi informasi lengkap mengenai 11 penyebab mengapa adaptor charger laptop rusak. Semoga informasi ini bermanfaat agar Anda bisa lebih bijaksana dan dapat merawat perangkat sehari-hari Anda. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI