Cara Mudah Mengunci Folder di PC, Biar Aman!

Telset.id – Sering kali kita mencari cara untuk mengunci folder di PC, untuk mengamankan file-file yang kita anggap penting. Seperti dokumen kerja atau hal lainnya. Dengan mengunci folder, diharapkan file-file kita akan lebih aman karena tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Selain itu, fungsi lain dari mengunci folder juga dapat menghindarkan file dari virus atau malware. Karena dengan membatasi akses operasi pada file, tentunya akan menegah penyebaran virus pada file yang telah ditempatkan pada folder yang terkunci tersebut.

Berikut ini tim Telset.id akan memberikan tips cara mudah mengunci folder di PC Windows. Terdapat dua cara untuk mengunci folder yaitu tanpa menggunakan aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi. Simak tips lengkapnya berikut ini!

{Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Mulai Lemot}

Cara Mengunci Folder di PC Tanpa Aplikasi

– Langkah pertama, klik kanan pada folder yang ingin di kunci lalu klik properties

Cara mengunci folder di PC Tanpa Aplikasi 1

– Centang opsi Hidden untuk menyembunyikan folder.

Cara mengunci folder di PC Tanpa Aplikasi 2

– Buka Tab Security, lalu klik “Edit” dan ubah hak akses menjadi Administrator.

Cara mengunci folder di PC Tanpa Aplikasi 3

– Ubah Permission pada kolom yang ada dibagian bawah, lalu ubah semua opsi centang pada kolom “Allow” menjadi ke opsi “Deny”

Cara mengunci folder di PC Tanpa Aplikasi 4

– Lalu klik OK yang ada di bagian bawah.

– Akan muncul dialog Windows Security seperti di bawah ini, lalu klik Yes. Maka folder tersebut telah berhasil dikunci.

– Coba buka kembali folder tersebut apakah sudah berhasil terkunci atau belum. Jika telah berhasil terkunci akan muncul kortak dialog “You Don’t currently have permission to access this Folder.”

– Untuk membuka kembali folder tersebut lakukan langkah yang sama dari 1 sampai empat, lalu ubah kemballi centang pada kolom “Deny” menjadi “Allow”. Tentunya ini hanya bisa dilakukan pada hak akses yang sama, yaitu pada PC dan administrator yang sama.

Cara diatas memang terbilang mudah karena tidak perlu menginstal aplikasi. Akan tetapi beberapa langkah yang ditampilkan memang agak terbilang ribet. Cara lain yang dapat digunakan untuk mengunci Folder yaitu dengan menggunakan aplikasi.

{Baca Juga: Tips Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak}

Cara Mengunci Folder di PC Pakai Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci folder pada Windows. Seperti Folder Lock, Folder Guard atau juga aplikasi kompres file seperti 7Zip dan WinRAR.

Nah berikut ini kami akan mencoba salah satu aplikasi untuk mengunci Folder yaitu dengan aplikasi Folder Lock.

– Unduh aplikasi Folder Lock yang ada di link berikut ini. Setelah itu instal aplikasi Folder Lock tadi.

Cara mengunci folder di PC - Folder Lock

– Buka aplikasi Folder Lock, lalu buat Master Password untuk mengunci dan membuka folder yang ingin di kunci.

– Langkah berikutnya, cari folder yang ingin anda kunci, lalu drag pada kolom penguncian yang ada di aplikasi Folder Lock.

– Tara..!!!, Folder kamu telah berhasil dikunci. Caranya sangat mudah bukan? Jangan lupa menutup kembali aplikasi Folder Lock agar penguncian tidak dapat diubah oleh pengguna lain.

– Folder yang telah terkunci, secara otomatis juga telah tersembunyi dari jendela explorer.

{Baca juga: Cara Aktifkan Bluetooth Tethering, Lebih Irit dari Wifi Tethering}

– Untuk membuka kembali folder tersebut, buka kembali aplikasi Folder Lock. Lalu masukan Master Password .

– Pada daftar Lock Folders, pilih folder yang ingin dibuka kuncinya, lalu klik “Protection Off” untuk menonaktifkan penguncian.

Itulah tadi dua cara mengunci folder di PC baik menggunakan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi. Semoga tips ini berguna dan dapat kalian jadikan referensi ya sob!

Tips Lainnya…

Cara Bersihkan Virus Shortcut di Flashdisk, Gak Perlu Antivirus!

Telset.id – Virus shortcut mungkin adalah virus yang paling sering kita temui. Meskipun virus ini terbilang tidak terlalu berbahaya, namun cukup menyebalkan karena sangat mengganggu. Kami akan berikan tips cara bersihkan virus shortcut di flasdisk.

Apalagi jika kita tidak mengetahui cara menghilangkan virus shortcut tersebut. Bagaimana tidak, virus ini akan membuat file-file penting kita yang ada di flashdisk menjadi file-file Shortcut.

Nah berikut ini tim Telset.id akan memberikan tips bagaimana cara untuk mengatasi virus Shortcut di flashdisk. Cara ini terbilang sangat mudah, bahkan kita bisa menghilangkan shortcut-shortcut yang mengganggu tersebut tanpa menggunakan antivirus. Simak langkah-langkahnya di artikel berikut ini {Cara Bersihkan Virus Shortcut di Flashdisk, Gak Perlu Antivirus!}.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -