Facebook Terapkan Kebijakan Baru untuk Tangkal Hoaks Politik

Telset.id, Jakarta Facebook menerapkan kebijakan baru dalam upaya mengekang informasi hoaks politik oleh laman asing yang meniru kelompok dan partai politik. Raksasa media sosial ini akan melabeli postingan dari akun populer dengan asal geografis.

Kebijakan baru itu akan berlaku untuk halaman populer tentang pemilihan, hiburan, dan topik lain. Facebook akan mencap setiap postingan yang mereka buat, termasuk di Instagram, dengan tulisan berisi asal-usul aslinya.

{Baca juga: Kontestan American Idol Tampil dari Rumah Pakai iPhone}

Misalnya, akun Instagram yang menargetkan pemilih AS tetapi berbasis di Brasil akan memiliki setiap pos berlabel “Berbasis di Brasil.” Pengguna kemudian dapat mengaksesnya untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang informasi tersebut.

Dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (26/04/2020), pelabelan tersebut merupakan upaya Facebook untuk memerangi informasi hoaks terkait politik, khususnya pemilu.

Kebijakan ini juga untuk mencegah intervensi politik yang dilakukan oleh beberapa negara, termasuk Rusia. Tak hanya Rusia, negara-negara lain pun mencoba memengaruhi wacana politik di AS. Mereka sering menyamar sebagai kelompok kepentingan lokal.

{Baca juga: Facebook “Semprit” Pengguna yang Sebar Hoaks Corona}

Facebook awalnya akan menargetkan halaman yang berbasis di luar AS yang menjangkau banyak orang. Pelabelan, kata Facebook, akan membantu orang-orang mengukur keandalan dan keaslian dari setiap postingan. Kebijakan ini juga dinilai efektif untuk menangkal informasi hoaks terkait politik.

Beberapa waktu lalu, Facebook menghapus lusinan halaman dan akun yang konon adalah orang AS yang fokus kepada politik. Padahal, sebenarnya mereka berasal dari Iran dan Rusia. Facebook tak ingin terus kecolongan. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI