Uji Performa Oppo Reno3 Pro: Powerful dengan Helio P95

Performa Oppo Reno3 Pro

Oppo Reno3 Pro Indonesia

Dalam uji performa, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yakni AnTuTu Benchmark (termasuk AITUTU), 3DMark, dan PCMark. Sedangkan untuk pengukuran kecepatan charging dan daya tahan baterai, kami dibantu oleh aplikasi Battery Log dan PCMark

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan aplikasi standar yang biasa digunakan para reviewer ketika menguji smartphone maupun tablet. Skor benchmark yang dihasilkannya bahkan biasa digunakan vendor sebagai “alat marketing” kepada konsumen.

Aplikasi ini memberikan simulasi performa dari empat aspek utama, yakni CPU, GPU, RAM, dan user experience atau UX. Nah, dalam uji performa yang kami lakukan, Oppo Reno3 Pro sukses meraih skor 214.547 poin.

Selain menggunakan AnTuTu Benchmark, kami juga memanfaatkan AITUTU Benchmark untuk menghitung performa AI yang dimilikinya. Berdasarkan aplikasi tersebut, Reno3 Pro memperoleh skor 159.790 poin. Skor ini terbagi atas pengujian Image Classification sebesar 87.733 poin dan Object Detection sebesar 72.057 poin.

3DMark

3DMark merupakan benchmark yang fokus pada performa pemrosesan grafis atau GPU dari smartphone, dalam hal ini adalah PowerVR GM9446.

Ada beberapa pengujian, seperti Sling Shot dan Sling Shot Extreme yang biasa digunakan untuk menjajal kemampuan smartphone flagship dengan tolak ukur OpenGL ES 3.0 (Sling Shot) dan OpenGL ES 3.2 (Sling Shot Extreme).

Performa Oppo Reno3 Pro

Berdasarkan uji performa, Oppo Reno3 Pro mencatatkan skor 2.339 poin untuk Sling Shot dan 1.241 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1 serta 1.525 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

PCMark

PCMark merupakan benchmark yang menyimulasikan tugas umum yang biasa diterima oleh smartphone. Sebut saja seperti mengolah data, multitasking, dan lainnya.

Oppo Reno3 pro memperoleh skor 6.145 poin untuk PCMark Work 2.0 Performance. Perolehan skor tersebut tergolong bagus. Smartphone ini berarti memiliki kemampuan yang baik dalam hal mendukung berbagai aktivitas normal pengguna, termasuk multi-tasking.

Baterai

Oppo memberikan peningkatan signifikan pada baterai Reno3 Pro dibandingkan model standarnya. Smartphone ini kini ditopang baterai 4,025 mAh dengan dukungan VOOC 4.0 bertenaga 30W. Lantas, bagaimana daya tahan dan kecepatan charging-nya?

Untuk daya tahan, kami menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 battery Life. Dalam pengujian ini, smartphone memperoleh catatan waktu 13 jam 28 menit dengan baterai tersisa 19%.

Performa Oppo Reno3 Pro

Waktu yang diperoleh bisa diartikan sebagai screen on-time yang didapat smartphone. Bisa dibayangkan, apabila screen on-time sekitar 6 jam saja, bisa jadi Oppo Reno3 Pro bisa bertahan hampir seharian penuh.

{Baca juga: Oppo A52 Resmi Meluncur, Bawa 4 Kamera dan Baterai Besar}

Sementara untuk kecepatan charging, kami sengaja menghabiskan baterainya sampai 2%. Dari 2% sampai penuh, VOOC 4.0 30W bisa mengisi baterai 4,025 mAh selama sekitar 60 menit.

Bila dihitung, dalam waktu 10 menit, baterai telah terisi sekitar 20%. Sementara dalam waktu setengah jam, baterai telah terisi sebesar 60%. Kecepatan charging mulai menurun dari 90% ke 100%, karena dibutuhkan waktu sekitar 16 menit.

Secara overall, dalam uji performa Oppo Reno3 Pro kali ini, kami menilai bahwa smartphone memiliki kinerja yang mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas pengguna.

Reno3 Pro memiliki dapur pacu yang bertenaga untuk diajak multi-tasking sampai tugas yang berat. Selain itu, cepatnya VOOC 4.0 dalam mengisi baterai juga membantu pengguna untuk kerja secara efisien setiap harinya. Well done! (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI