Telset.id, Jakarta – Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kategori produk paling laku di platform mereka. Produk ini dibeli masyarakat selama pandemi virus corona atau Covid-19 melanda Tanah Air, tepatnya pada bulan Maret 2020. Apa saja produk paling laku di Tokopedia?
Sekadar informasi, belanja online merupakan salah satu cara untuk menekan penyebaran virus corona. Selain itu, belanja online juga bisa mendorong bisnis lokal agar tetap beroperasi secara online.
Diungkapkan VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, produk paling laku selama Maret adalah kesehatan, keperluan rumah tangga, serta makanan dan minuman.
{Baca juga: Panduan Lengkap Cara Belanja Online di Shopee untuk Pemula}
“Kesehatan, keperluan rumah tangga, makanan dan minuman merupakan 3 kategori produk yang meningkat signifikan selama Maret. Pada kategori perawatan kesehatan dan pribadi misalnya, terjadi kenaikan transaksi hampir 3 kali lipat,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Kamis (09/04/2020).
Meningkatnya transaksi di kategori perawatan kesehatan dan pribadi dapat dibuktikan dengan naiknya jumlah penjual baru di kategori ini sebesar hampir 2,5 kali dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.
“Kami juga saat ini mengadakan kampanye #JagaEkonomiIndonesia untuk mendorong lebih banyak lagi masyarakat berani menciptakan peluang di ranah online agar roda ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi seperti ini,” tambah Nuraini.
{Baca Juga: Tiadakan Ramadan Ekstra, Tokopedia Fokus Tangani Covid-19}
Hand sanitizer, vitamin dan masker adalah produk paling laku di Tokopedia di kategori kesehatan. Nilai penjualan masker tercatat meningkat 197 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya selama Maret.
Di sisi lain, ada satu waktu saat dalam 42 menit, 72.000 hand sanitizer terjual habis. Pembeli hand sanitizer paling jauh berasal dari Merauke.
Dalam kategori keperluan rumah tangga, produk paling laku di Tokopedia mencakup disinfektan, tisu dan air purifier, sedangkan dari kategori makanan dan minuman, daging sapi, jahe dan kurma mengalami peningkatan signifikan.
{Baca Juga: Tips Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit dan Cara Hitung Pajaknya}
Lebih dari 100 ton daging sapi terjual di Tokopedia selama bulan Maret 2020. Jumlah jahe yang terjual pun mencapai 60 ton, setara dengan jumlah jahe yang dibutuhkan untuk membuat jamu empon-empon bagi seluruh masyarakat kota Sukabumi.
Tokopedia juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah lewat program “Bebas Ongkir”. Selama bulan Maret, total jarak pengiriman barang yang memanfaatkan program ini mencapai lebih dari 2,5 juta kilometer, setara dengan 63 kali keliling bumi. (HR/MF)