NASA Rilis Foto Cantik dari Pusat Galaksi Bima Sakti

Foto Galaksi Bima Sakti

Telset.id, Jakarta NASA merilis gambar cantik yang memperlihatkan pusat dari galaksi kita, Bima Sakti. Menurut penjelasan NASA lewat foto, wilayah pusat galaksi Bima Sakti ternyata berisi koleksi benda-benda eksotis.

Masih menurut NASA, benda-benda itu termasuk lubang hitam supermasif dengan berat sekitar empat juta kali massa matahari atau disebut Sagitarius A*. Pada foto galaksi Bima Sakti, ada pula dan awan gas di suhu jutaan derajat.

“Wilayah di sekitar Sagitarius A* ditunjukkan dalam gambar komposit baru dengan data Chandra (hijau dan biru), dikombinasikan data radio (merah) dari teleskop MeerKAT di Afrika Selatan,” katanya.

{Baca juga: Astronom Temukan 100 Planet Kecil di Tepi Tata Surya}

Pada akhirnya, menurut NASA dan dilansir New York Post, seperti dikutip Telset.id, Kamis (26/03/2020), wilayah di sekitar Sagitarius A* akan menjadi bagian dari Array Kilometer Persegi atau SKA.

Foto Galaksi Bima Sakti

NASA membeberkan, dalam gambar galaksi Bima Sakti pula, bintang-bintang neutron dan bintang-bintang kerdil putih juga bisa dilihat merobek materi dari bintang-bintang pendamping dalam gambar.

{Baca juga: Bintik Merah Besar Jupiter Misterius Kok Menyusut?}

Beberapa waktu lalu, NASA merilis gambar 3D bintang meledak yang mempesona dari Nebula Kepiting. Para astronom menggabungkan visi yang terlihat, inframerah, dan sinar-X dari Great Observatories.

Mereka melakukannya untuk menciptakan representasi tiga dimensi Nebula Kepiting yang dinamis, sisa-sisa bintang yang meledak dan hancur berkeping-keping. Visualisasi didasarkan kepada gambar Chandra. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here