Canggih! Thailand Manfaatkan Robot untuk Lawan Corona

Telset.id, Jakarta Thailand punya cara canggih untuk mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Thailand menggunakan “robot ninja” yang ditempatkan di rumah sakit untuk meringankan beban petugas medis dan dokter yang berjuang untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Robot-robot itu, yang awalnya dibuat untuk memantau pemulihan pasien stroke, telah dirancang ulang guna mengukur demam seseorang. Robot tersebut digunakan di empat rumah sakit.

Menurut laporan New York Post, penggunaan robot ninja oleh Thailand telah mengurangi risiko terinfeksi, dan memungkinkan perawat maupun dokter untuk berbicara dengan pasien Covid-19 via obrolan video.

{Baca juga: RoboPony Laku Keras Selama Wabah Corona di China}

“Dokter dapat berdiri di luar ruangan dan berkomunikasi dengan pasien di dalam melalui robot,” kata Viboon Sangveraphunsiri dari Chulalongkorn University, dikutip Telset.id, Senin (23/3/2020).

Sangveraphunsiri mengatakan kepada AFP bahwa robot model lain sedang dirancang untuk memberikan makanan dan obat-obatan kepada pasien, serta rumah sakit yang didesinfeksi di Thailand.

Sangveraphunsiri dan tim insinyur berencana untuk membangun lebih banyak “robot ninja”. Peruntukannya setidaknya 10 rumah sakit lain di Thailand, terutama di tengah wabah virus Corona.

{Baca juga: Cegah Penyebaran, RS Corona di China Dikelola Robot Perawat}

Thailand memiliki lebih dari 270 kasus Covid-19 dengan hanya satu kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi berhasil sembuh dan sebagian besar hanya memiliki gejala ringan atau sedang.

Namun demikian, beberapa korban, terutama orang-orang dewasa yang lebih tua atau orang-orang dengan masalah kesehatan lain, menderita penyakit serius ketika terserang virus Corona. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -