Ilmuwan Temukan Sisa-sisa Bintang Tua yang Tertinggal

Telset.id, Jakarta – Sekelompok ilmuwan menemukan bintang berdenyut sangat tua di dalam sistem bintang ganda. Temuan itu memberi mereka wawasan baru tentang bagaimana benda langit tumbuh dan mati.

Menemukan bintang tua nan putih yang berdenyut membuat para ilmuwan dapat menentukan bagaimana evolusi biner telah memengaruhi struktur internal bintang. Bintang putih berukuran kecil itu merupakan inti terbakar yang tertinggal.

Kapan inti terbakar tertinggal? Menurut para ilmuwan, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (19/03/2020), inti terbakar tertinggal ketika bintang seperti matahari mati. Sebagian besar terbuat dari helium.

{Baca juga: Bintik Merah Besar Jupiter Misterius Kok Menyusut?}

Steven Parsons dari Departemen Fisika dan Astronomi Universitas Sheffield, yang bertugas memimpin penelitian ini, mengatakan bahwa menentukan dari apa benda kerdil putih dibuat sungguh tidak mudah.

Alasannya, benda-benda tersebut memiliki sekitar setengah dari massa matahari, dikemas ke dalam sesuatu dengan ukuran sama persis dengan Bumi.  “Kerdil putih berdenyut yang kami temukan sangat penting,” ujar Steven Parsons.

{Baca juga: Astronom Temukan 100 Planet Kecil di Tepi Tata Surya}

Ia melanjutkan, para ilmuwan dapat menggunakan gerakan biner dan gerhana untuk secara mandiri mengukur massa dan jari-jari bintang tua berwarna putih tersebut. “Cara itu membantu kami menentukan apa yang dibuatnya,” terangnya.

Pulsasi dari bintang ini ditemukan menggunakan HiPERCAM, kamera kecepatan tinggi yang revolusioner. Langkah selanjutnya adalah terus mengamati katai putih untuk merekam sebanyak mungkin pulsasi. (SN/MF)