Mengenal Otak Oppo Find X2, Snapdragon 865

Telset.id, Jakarta – Sebagian dari kita mungkin ada yang bertanya-tanya, apa yang membuat smartphone – seperti namanya, begitu pintar? Well, pastinya bukan karena mereka pergi sekolah, apalagi hobi membaca buku. Ponsel menjadi pintar karena mereka punya chipset atau system-on-chip (SoC) di badannya. Yang masuk kategori entry level, chipsetnya biasa saja; yang termasuk flagship, chipsetnya luar biasa. Oppo Find X2 misalnya, punya chipset tangguh di badannya, yang membuatnya menjadi salah satu smartphone unggulan di tahun 2020 ini. SoC apa yang dimaksud?

Tidak lain dan tidak bukan Snapdragon 865 SoC, yang diketahui menjadi menopang bagi sejumlah flagship di tahun 2020 ini, termasuk jagoan baru Oppo, yang bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.

Oke, jika ini adalah smartphone flaghisp, artinya Snapdragon 865 juga bukan chipset sembarangan. Lantas apa kelebihannya?

{Baca juga: Teknologi Layar 120Hz di Smartphone, Penting Banget?}

Usut punya usut, otak dibalik smartphone baru Oppo ini membawa berbagai peningkatan di semua aspek, dan itu cukup siginifikan. Pada aspek CPU misalnya, Snapdragon 865 telah difabrikasi dengan proses 7nm EUV dan delapan inti prosesor. Jika bicara kinerja, ini secara umum naik sekitar 25% jika dibandingkan dengan Snapdragon 855. Dan itu termasuk di sisi grafis, dimana Adreno 606 membuat peningkatan perfoma olah gambar juga sebesar 25%.

Dukungan display juga ditingkatkan pada Snapdragon 865, yang kali ini sudah mampu diintegerasikan dengan layar hingga 144Hz. Saat ini sendiri sudah banyak smartphone gaming yang menawarkan refresh rate lebih dari 60Hz. Oppo Find X2 yang kita sebutkan sebelumnya, mendukung layar 120Hz.

Bukan itu saja, untuk memori pun Snapdragon 865 sudah mendukung LPDDR 5, yang digadang-gadang akan menjadi standar smartphone flagship berikutnya yang tentunya memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi. Untuk diketahui, saat ini kebanyakan jenis memori RAM yang digunakan pada smartphone untuk kelas tertinggi masih sampai LPDDR 4.

Peningkatan pada teknologi lainnya juga bisa dilihat dari keberadaan AI Engine generasi ke-5 serta Sensing Hub terbaru untuk performa personalisasi yang lebih maksimal.

Sementara itu, bagi para gamer, bermain game dengan performa tinggi namun dengan menjaga suhu tetap rendah juga bukan lagi impian berkat Snapdragon 865. Selain karena performa yang memang sudah kencang dari lahir, keberadaan Qualcomm Snapdragon X55 5G Modem-RF System yang memungkinkan chipset memberikan kecepatan maksimal hingga 7,5 Gbps juga jadi alasan.

{Baca juga: Snapdragon 865 Bisa Rekam Video 8K, Ini Videonya!}

Penting? Pastinya. Apalagi internet super cepat baik untuk streaming resolusi tinggi ataupun bermain game kadung menjadi kebutuhan di era digital saat ini.

Sama pentingnya dengan hasil gambar yang semakin baik. Yang kabar baiknya juga bisa didapatkan dari chipset ini. Ya, dilengkapi chip pengolah gambar (ISP, image signal processor) Spectra 480 terbaru, Snapdragon 865 bisa menangani sensor kamera dengan resolusi sampai dengan 200 megapixel.

Spectra juga bisa mengambil data dari beberapa sensor kamera sekaligus dalam satu waktu, yang membuatnya bisa menghadirkan fitur foto dan video multi kamera. Masih belum puas? Hmm….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...

ARM Rilis Inti Prosesor Baru, Cortex-A78 dan Cortex-X1

Telset.id, Jakarta - ARM baru saja mengumumkan inti prosesor generasi terbarunya, yakni ARM Cortex-A78 dan Cortex-X1. Keduanya bakal digunakan...
- Advertisement -