Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta – Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang akrab disapa Mad Mike tersebut meninggal usai roket buatannya yang ia tumpangi terjatuh di Barstow, California.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Senin (24/02/2020), Mad Mike awalnya ingin meluncurkan roket untuk membuktikan teori bahwa Bumi itu datar.

Peluncuran roket sendiri difilmkan untuk seri Science Channel, Homemade Astronauts, yang bertujuan untuk mendokumentasikan petualangan pembuat roket amatir.

Pembuatan roket tersebut menghabiskan uang hingga USD 18 ribu atau Rp 250,1 juta. Uang tersebut Mike Hughes kumpulkan dari para pendukung teori Bumi datar selama bertahun-tahun.

{Baca juga: Ingin Buktikan Bumi Datar, Pria Ini Nekat Terbangkan Roket}

Hughes sendiri telah meluncurkan roket selama 2 kali di tahun 2014 dan 2018. Peluncuran roket pertamanya terjadi pada tahun 2014 membawanya mencapai ketinggian 1.374 kaki atau 418,7 meter.

Sedangkan peluncuran kedua dilakukan pada tahun 2018, dan berhasil membawanya hingga ketinggian 1.875 kaki atau 571,5 meter. Namun di tahun ini, Hughes ingin mencobanya lagi.

Sayangnya, roket pendorong bertenaga uap terlepas tak lama setelah peluncuran. Itu menyebabkan kecelakaan berkecepatan tinggi yang mengakibatkan pendukung Bumi datar itu tewas. Rencananya, Hughes berencana terbang hingga ketinggian 5.000 kaki atau 1.524 meter dengan roket yang diberi nama Waldo Stakes.

Teori Bumi datar sendiri adalah paham yang meyakini bahwa bentuk bumi sebenarnya bukan bulat seperti ilmu pengetahuan saat ini ajarkan. Hughes pun adalah orang yang mendedikasikan hidupnya untuk meneliti bentuk bumi hingga membuat roket secara mandiri agar dapat terbang ke angkasa.

{Baca juga: YouTube Stop Rekomendasi Video Bumi Datar}

Pemahaman Bumi datar sendiri ditentang oleh banyak pihak. Tahun lalu YouTube mengeluarkan kebijakan baru, akan menyetop rekomendasi video yang berisi konspirasi dari teori ini. Tak hanya itu, rekomendasi video tentang teori serangan 11 September 2001 juga akan dihentikan. (NM/MF)

SourceEngadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -