Wakil Indonesia Jadi Runner Up di Imagine Cup Asia 2020

Telset.id, Jakarta – Tim Tulibot asal Indonesia berhasil meraih posisi runner-up di ajang Imagine Cup Asia 2020. Pencapaian ini diraih setelah mengalahkan 9 tim dari negara-negara Asia lainnya.

Kompetisi Imagine Cup Asia 2020 sendiri dirancang untuk menginspirasi para siswa dalam mengaplikasikan imajinasi dan passion mereka ke dalam teknologi, demi menciptakan solusi inovatif yang mampu mengatasi beberapa tantangan besar dalam aspek sosial, lingkungan, dan kesehatan yang ada di dunia.

“Kami senang melihat tim siswa dari seluruh Asia memamerkan solusi unik mereka yang memiliki potensi untuk menciptakan dampak jangka panjang.,” ujar Jennifer Ritzinger, General Manager, Audience Evangelism, Microsoft.

{Baca Juga: Microsoft Rilis Aplikasi Antivirus untuk Smartphone Android}

Tim Tulibot, bersama dengan tim runner up lainnya, yakni Tim Blume dari India dan Tim Zest dari Singapura, masing-masing menerima USD2.500 atas proyek inovatif mereka.

Tim Tulibot mengembangkan Tulibot – sebuah alat bantu yang terintegrasi untuk menjembatani kesenjangan komunikasi bagi para tuna rungu, yang dilengkapi dengan sarung tangan dan kacamata cerdas

Untuk pertama kalinya dalam kompetisi Imagine Cup Asia Finals, 10 finalis dari tujuh negara mempresentasikan penemuan mereka secara virtual untuk memperebutkan tempat di Kejuaraan Dunia pada bulan Mei mendatang.

Pemenang tahun ini adalah Tim Hollo dari Hong Kong dan Tim Nutone dari Jepang masing-masing menerima hadiah uang tunai sebesar USD8.000, kredit Azure dan perjalanan ke final global yang akan diadakan di Microsoft Build 2020.

{Baca Juga: Microsoft: Masyarakat Indonesia Sudah Paham Manfaat Cloud}

Kedua tim pemenang akan bersaing dengan pemenang dari Amerika dan Eropa, Timur Tengah dan Afrika, untuk memperebutkan piala Imagine Cup bersama dengan hadiah uang tunai sebesar USD100.000, mentoring session dengan Satya Nadella, Chief Executive Officer, Microsoft Corp dan Azure Grant senilai USD 50.000.

“Kami berharap melalui kompetisi ini, para siswa menjadi terinspirasi untuk mengejar passion mereka dalam mengembangkan, menginisiasi, dan menyelesaikan masalah global melalui teknologi,” sambung Ritzinger.

Kesepuluh tim finalis dari Jepang, Singapura, Nepal, Indonesia, India, China, dan Hong Kong terpilih setelah melalui berbagai putaran kompetisi online atau melalui acara Final Nasional yang diselenggarakan oleh anak perusahaan Microsoft di negara-negara di kawasan Asia. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -