Meski Dibatalkan, Exhibitor MWC 2020 Tak Dapat Refund

Telset.id, Jakarta – Gelaran Mobile World Congress atau MWC 2020 telah resmi dibatalkan akibat wabah virus corona. Meski diemikian, GSMA selaku penyelenggara menginformasikan bahwa mereka tidak akan memberikan pengembalian uang alias refund bagi para exhibitor di event tahunan tersebut.

Sebelumnya, MWC 2020 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24-27 Februari 2020 di Barcelona, Spanyol. Setelah mempertimbangkan keselamatan dan banyaknya peserta yang mengundurkan diri, GSMA pun mengumumkan pada 13 Februari bahwa mereka resmi membatalkan event akbar tersebut.

Mengenai biaya pameran yang sudah dikeluarkan oleh para exhibitor, GSMA menyatakan dalam email bahwa situasi seperti saat ini belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak dapat diasuransikan.

{Baca Juga: MWC 2020 Batal Digelar, Barcelona Rugi Rp 7,4 Triliun}

Sebagaimana dikutip Telset.id dari GizChina, Sabtu (22/2/2020), GSMA mengatakan bahwa tidak ada pengembalian uang yang akan diberikan kepada para peserta pameran.

“Karena force majeure, kami tidak akan memberikan pengembalian uang sesuai syarat dan ketentuan standar kami untuk pameran, iklan, dan sponsor, pasal 21.10,” tulis GSMA dalam emailnya.

GSMA menambahkan, “sebagai penyelenggara seluruh industri dan ekosistem terkait, situasi ini memiliki dampak keuangan yang sangat signifikan pada GSMA. Kami menghargai pengertian dan kesabaran Anda.”

Selain itu, GSMA juga menyampaikan harapan agar peserta pameran dapat menunggu dengan sabar. Sebab, saat ini GSMA tengah menyiapkan beberapa solusi untuk mengurangi dampak dari pembatalan bagi para exhibitor MWC 2020.

{Baca Juga: MWC 2020 Batal, GSMA Cuma Bisa Pasrah}

Mereka juga berharap dapat terus mempertahankan hubungan yang baik dengan mitra bisnis MWC. GSMA berencana untuk memberikan perincian lebih lanjut pada akhir bulan Maret mendatang.

Sedikit informasi, kabarnya biaya yang mesti dikeluarkan exhibitor untuk berpartisipasi di MWC 2020 bervariasi, tergantung pada lokasi area stand. Adapun angka tersebut berkisar antara USD 14.000 hingga lebih dari USD 14 juta.

Pada gelaran tahun lalu, MWC berhasil mengantongi sekitar USD 500 juta dari biaya partisipasi peserta. Angka yang tidak sedikit tentunya. Masuk akal jika GSMA dibuat pusing ketika acara harus dibatalkan. (HR/IF)

SourceGizChina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -