Ilmuwan Temukan “Planet Bayi” Paling Dekat dengan Bumi

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan berhasil menemukan planet raksasa dengan jarak 330 tahun cahaya dari Bumi. “Planet bayi raksasa”, begitu ilmuwan menyebutnya, dikenal juga sebagai 2MASS 1155-7919 b dan punya massa hanya 10 kali ukuran Jupiter.

“Planet bayi raksasa diketahui mengorbit bintang yang berusia lima juta tahun dengan jarak 600 kali jarak Bumi mengorbit Matahari,” terang para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Research Notes of American Astronomical Society.

“Objek redup dan keren yang kami temukan masih sangat muda. Ukurannya hanya 10 kali massa Jupiter. Kami melihat planet bayi yang mungkin masih di tengah-tengah formasi,” kata penulis utama studi, Annie Dickson-Vandervelde, seoerti dilansir New York Post.

{Baca juga: Mayoritas Warga AS Yakin UFO dan Alien Memang Ada}

Dickson-Vandervelde melanjutkan, meskipun banyak planet lain telah ditemukan melalui misi Kepler dan misi lain, hampir semuanya adalah planet “tua”.

Para ahli teori sedang berjuang untuk menjelaskan bagaimana mereka terbentuk atau berakhir di sana.

Dikutip Telset.id, Jumat (14/02/2020), 2MASS 1155-7919 b juga lebih dekat ke Bumi daripada usia lainnya yang ditemukan hingga saat ini.

Sekadar informasi, satu tahun cahaya, yang mengukur jarak di ruang angkasa, sama dengan sekitar enam triliun mil.

{Baca juga: “Detak Jantung” Misterius di Pluto Kendalikan Angin Nitrogen}

Penelitian tambahan diperlukan untuk mempelajari bagaimana planet-planet seperti 2MASS 1155-7919 b memiliki orbit yang sedemikian luas di sekitar bintang-bintang.

Beberapa waktu lalu, seorang remaja laki-laki dari pinggiran kota New York, Amerika Serikat, hanya membutuhkan tiga hari magang di NASA untuk menemukan planet baru di sistem tata surya. Ia menemukan planet baru menggunakan satelit TESS. (SN/MF)