Teknologi VR Pertemukan Ibu dan Putrinya yang Meninggal

Telset.id, Jakarta – Pernahkah Anda membayangkan memiliki kesempatan untuk bersatu kembali dengan orang tercinta yang telah meninggal dunia? Di Korea Selatan (Korsel), hal mustahil itu bisa menjadi kenyataan, berkat terknologi VR.

Ya, sebuah film dokumenter asal negeri gingseng berjudul “Meeting You” menyiarkan reuni emosional antara ibu dan putrinya yang meninggal dunia pada 2016 dalam usia tujuh tahun akibat penyakit yang tidak terdeteksi.

Jang Ji-sung, ibu empat anak, mengenakan headset dan sarung tangan VR untuk melihat, mendengar, dan menyentuh versi digital putrinya. Jang berada di depan layar hijau dan tangannya seolah-olah berinteraksi.

{Baca juga: Kasihan, “Karyawan VR” Ini Dipecat untuk Uji Coba}

Sambil menangis, ia memegang wajah almarhumah putrinya. Sungguh momen yang sangat menyentuh. Seperti dilansir New York Post, film dokumenter tersebut disiarkan di Munhwa Broadcasting Corporation.

Dikutip Telset.id, Kamis (13/2/2020), film dokumenter itu bertujuan menyatukan kembali kerabat dengan anggota keluarga yang telah berada di surga. Mereka bisa kembali menghabiskan waktu meski di “taman digital”.

Gadis tersebut tampak berinteraksi dengan ibunya. Ia mangaku sangat merindukan sang ibu. Pun demikian dengan ibunya. Gadis itu akhirnya mengatakan sesuatu kepada ibunya. “Ibu, saya lelah dan tertidur,” kata si gadis.

Selama pembuatan film, suami Jang dan seorang anak mereka menyaksikan sambil menangis. “Saya bertemu Nayeon. Ia memanggil saya dengan senyum meski hanya untuk waktu yang sangat singkat. Saya bahagia,” kata Jang.

{Baca juga: Teknologi VR Bantu Ilmuwan Deteksi Sel Penyakit}

Teknologi VR atau Virtual Reality sendiri hingga saat ini telah dipergunakan untuk banyak hal. Dalam bidang kesehatan misalnya, seorang peneliti dari Carnegie Mellon University dan Virginia Meson membuat penemuan yang bisa menggabungkan teknologi VR dan Mikroskop, sehingga dapat mendeteksi sel penyakit dengan lebih dalam.

Dilansir Telset.id dari Engagdet pada Minggu (16/06/2019), peneliti menggabungkan teknologi VR dengan mikroskop ekspansi untuk mengeksplorasi data sel yang seharusnya terlalu rumit untuk ditangani. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI