Google Ajak Anak-anak Pahami Internet Lewat “Tangkas Berinternet”

Telset.id, Jakarta – “Tangkas Berinternet“, merupakan sebuah program baru yang diluncurkan oleh Google untuk Indonesia. Program Tangkas Berinternet hadir dalam rangka memperingati Hari Aman Berinternet Sedunia atau “Safer Internet Day”.

Google mengatakan, Tangkas Berinternet adalah sebuah program global literasi digital dan keamanan online. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak atas beragam konten yang tersebar di internet.

Program tersebut memuat berbagai materi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dan orang tua. Materi pembelajaran ini didapat dari situs-situs literasi digital, dan disertakan pula permainan berbasis web yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

{Baca juga: Chrome Lindungi Pengguna dari Unduhan Tak Aman}

Dalam menyelenggarakan Tangkas Berinternet, Google turut menggandeng Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPA), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), Siberkreasi, dan Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection.

“Program ini adalah salah satu bentuk gerakan bersama untuk membantu memaksimalkan yang terbaik dari teknologi untuk anak-anak dan keluarga, sekaligus meminimalisir risikonya,” ujar Putri Alam, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia.

Putri melanjutkan, program tersebut memuat 5 topik penting untuk membuat anak menjadi pribadi yang cerdas, cermat, tangguh bijak, dan berani berinternet.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Harris Iskandar mengatakan, program Tangkas Berinternet sangat pas dengan program Merdeka Belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

“Ini adalah pasangan yang paling pas dengan kemerdekaan belajar. Kemerdekaan dan keamanan. Kalo kemerdekaan tanpa keamanan, kita rentan,” ujar Harris.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga berharap program ini bisa membantu anak untuk belajar dan mengembangkan diri.

“Mudah-mudahan apa yang diluncurkan Google benar-benar membawa manfaat bagi kita semua, khususnya anak-anak Indonesia,” jelas Bintang.

Google nantinya bakal mengadakan pelatihan untuk guru dan orang tua di 5 kota yang tersebar di Indonesia. Materi program Tangkas Berinternet bisa langsung diakses melalui tautan berikut ini. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...

Vivo Pastikan iQOO Z1x Ditenagai Snapdragon 765G

Telset.id, Jakarta - Vivo iQOO Z1x dirumorkan segera meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 9 Juli mendatang. Menjelang peluncuran...

Samsung Galaxy M41 Siap Dirilis, Usung Baterai 6,800 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung Galaxy M41 akhirnya menampakkan diri. Sempat dinantikan kehadirannya, kini bocoran terbaru mengenai spesifikasi baterai Samsung...
- Advertisement -