7 Teknologi Canggih di Liga-liga Sepak Bola Top Dunia

GPS Sport Vest 

Goal Line Technology

Teknologi selanjutnya adalah GPS Sport Vest. Teknologi ini dikembangkan oleh Australian Institute of Sport (AIS) dan Cooperative Research Centres (CRC) dan diperkenalkan ke publik pada tahun 2006. Bentuk GPS Sport Vest sepintas menyerupai Bra.

Namun, jika ditelisik lagi, ternyata GPS Sport Vest memiliki kotak yang akan mengumpulkan data mengenai pergerakan pemain, jarak tempuh dan kecepatan berlari pemain. Data-data tersebut nantinya dikirim ke aplikasi yang terhubung di smartphone.

Data itu akan dijadikan acuan pelatih dalam menganalisa para pemainnya ketika menjalani sesi latihan. Teknologi ini sudah banyak dipakai oleh para tim di seluruh dunia termasuk timnas Indonesia.

Video Wall 

Goal Line Technology

Pada 2017 silam, klub asal Jerman TSG 1899 Hoffenheim juga memanfaatkan teknologi dalam sesi latihan. Klub  tersebut menggunakan teknologi bernama Video Wall.

Teknologi Video Wall memadukan layar berukuran 6 x 3 meter, dan 4 kamera yang terintegrasi. Layar itu berisi rekaman video latihan dari 4 kamera yang ditempatkan di atas tiang gawang sebanyak 2 buah dan 2 kamera lagi ditempatkan di belakang gawang.

{Baca juga: Dari Avengers Hingga Trump, Ini 25 Artikel Terviral Wikipedia}

Video Wall diletakan di pinggir lapangan untuk merekam kegiatan latihan para pemain. Ke-4 kamera dioperasikan oleh pelatih yang memegang kendali untuk mengatur arah lensa kamera.

Melalui Video Wall, pelatih bisa langsung menganalisis strategi yang diterapkan kepada para pemain, sekaligus memberikan instruksi langsung selama sesi latihan. Para pemain juga akan diberi waktu untuk melihat video rekaman latihan mereka sebagai bahan analisa ke depannya.

Bagaimana, cangih-canggih kan teknologi yang ada di sepak bola zaman sekarang, khususnya di liga top dunia? (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI