7 Teknologi Canggih di Liga-liga Sepak Bola Top Dunia

Telset.id Teknologi canggih sudah diadopsi di segala aspek kehidupan, termasuk olahraga. Sepak bola misalnya, saat ini berbagai teknologi sepak bola macam VAR, EPTS, miCoach Soccer, hingga Goal Line Technology sudah diaplikasikan di berbagai liga top dunia, termasuk Eropa.

Teknologi sepak bola digunakan untuk mendukung jalannya pertandingan agar lebih jujur dan menarik untuk ditonton oleh masyarakat dunia.

Asal tahu saja, saat ini sepak bola menjadi cabang olahraga yang memiliki banyak penggemar. Setiap pertandingannya dinantikan oleh masyarakat dunia, khususnya pertandingan di liga top dunia, termasuk Eropa.

{Baca juga: 7 Teknologi Anti Banjir yang Ada di Berbagai Negara}

Nah, kali ini tim Telset.id akan memberikan informasi tentang 7 teknologi sepak bola canggih yang digunakan sebagai pendukung ketika permainan atau latihan berlangsung. Ingin tahu apa saja? Yuk simak!

VAR

Teknologi sepak bola

VAR atau disebut juga sebagai Video Assistant Referee. Teknologi VAR di sepak bola pertama kali digunakan pada AGustus 2016 dalam pertandingan di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Seperti namanya, VAR mampu membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat dan adil.

VAR adalah teknologi yang didukung oleh 33 kamera yang menangkap segala kejadian di lapangan hijau. Dari 33 kamera tersebut, terdapat 8 kamera super slow-motion dan 4 kamera ultra slow-motion yang mampu merekam dengan detail momen-momen yang berlangsung cepat.

VAR juga didukung oleh 4 wasit VAR atau AVAR yang mengantongi lisensi resmi dari FIFA. Kecanggihan teknologi VAR memang bertujuan agar wasit bisa lebih akurat dalam mengambil keputusan.

Ketika pertandingan berlangsung, seorang wasit akan menghentikan sementara pertandingan untuk melihat kejadian sebelumnya melalui tayangan video di VAR. Teknologi VAR mulai banyak digunakan di liga-liga eropa serta Piala Dunia 2018 di Rusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI