MediaTek Helio G70, Prosesor Gaming Khusus Smartphone Murah

Telset.id, Jakarta – Usai merilis MediaTek G90T sebagai prosesor khusus gaming di kelas menengah ke atas, MediaTek sepertinya mulai “ketagihan” menghadirkan SoC di segmen yang sama. Kali ini, mereka menghadirkan prosesor gaming terbaru, yakni MediaTek Helio G70.

Meski menyandang titel sebagai prosesor gaming, namun MediaTek Helio G70 justru dibuat untuk ditanamkan pada smartphone entry-level.

Sebagaimana dirangkum Telset.id dari GSMArena, Rabu (15/01/2020), chipset ini memiliki dua core Cortex-A75 berkecepatan 2.0GHz dan ditambah enam core Cortex A55. SoC anyar tersebut hanya mendukung eMMC 5.1, yang artinya smartphone bertenaga MedaiTek Helio G70 tidak akan mendukung penyimpanan UFS.

{Baca Juga: MediaTek Dimensity 1000L Libas Snapdragon 765G di AnTuTu}

Untuk urusan grafis, chipset tersebut mengandalkan Mali-G52 2EEMC2 yang berjalan pada 820Mhz. Resolusi layar smartphone yang didukung mencapai 1080p, dengan aspek rasio hingga 21 : 9.

MediaTek Helio G70 memiliki sebuah fitur yang disebut CorePilot. Ini bertanggung jawab untuk memberikan kinerja yang konsisten selama smartphone digunakan untuk bermain game. Fitur tersebut membuat kecepatan CPU dan GPU tetap stabil.

Hadir juga fitur Voice on Wakeup yang memungkinkan hadirnya voice assistant dengan penggunaan daya yang sangat kecil.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Helio P70 juga sudah mendukung kamera tunggal 48 MP atau dua kamera 16 MP. Konfigurasinya bisa berupa lensa ultra0wide, telephoto, maupun makro. Dan, didukung juga dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI).

Prosesor tersebut hadir  dengan dukungan dual 4G VoLTE dan downlink hingga 300Mbps. Konektivitas yang didukung adalah Wi-Fi 5 802.11ac dan Bluetooth 5.0.

Mengenai ketersediannya, diperkirakan bahwa MediaTek Helio G70 akan ditanamkan pada smartphone di rentang harga USD 145 atau sekitar Rp 1,9 jutaan.

{Baca Juga: MediaTek Kenalkan Dimensity 800 dan 1000, Cuma Jago 5G?}

Sebelumnya diberitakan, MediaTek menghadirkan dua prosesor dengan dukungan 5G. Keduanya adalah Dimensity 800 dan Dimensity 1000.

Perusahaan menyebut, MediaTek Dimensity 800, yang ditujukan untuk smartphone kelas menengah diharapkan dapat dapat bersaing dengan seri Kirin 800 dari Huawei dan seri Snapdragon 700 dari Qualcomm. Belum banyak spesifikasi yang diungkap untuk model ini, namun chipset akan menggunakan modem Helio M70. (HR/MF)

SourceGSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ujian Nasional Dihapus, Bagaimana Nasib Bimbel Online?

Telset.id, Jakarta - Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem  Makarim untuk menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang...

Nomor Ponsel Ilham Bintang Dibajak, Begini Tanggapan Indosat

Telset.id, Jakarta - Indosat Ooredoo memberikan penjelasan terkait kasus pembajakan nomor ponsel Ilham Bintang, yang berakibat dibobolnya rekening wartawan...

Ekstradisi Bos Huawei ke AS Bakal Jadi Preseden Berbahaya

Telset.id, Jakarta  - Masalah ekstradisi bos Huawei masih jadi polemik, mengekstradisi Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika...

Ponsel Ilham Bintang Dibajak, Rekening Ludes Dibobol

Telset.id, Jakarta - Wartawan senior Ilham Bintang menjadi korban kejahatan. Melalui akun Facebook, Ilham mengaku jika rekening dan nomor...

Terbentur Biaya, Konsumen Suka Beli HP Bekas dan Refurbished

Telset.id, Jakarta - International Data Corporation (IDC) merilis sebuah laporan berjudul "Worldwide Used Smartphone Forecast, 2019 - 2023". Laporan...
- Advertisement -