Tahun Ini Vietnam Luncurkan Layanan 5G Komersial

Telset.id, Jakarta Vietnam berencana meluncurkan layanan seluler 5G komersial pada tahun ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam melalui situs resmi.

Tahun lalu, pemerintah Vietnam sudah memberi lisensi percobaan layanan seluler 5G pertama untuk Viettel. Asal tahu saja, Viettel adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di negara itu.

Pada Juni 2019 lalu, Vingroup JSC, firma terdaftar terbesar di Vietnam berdasarkan nilai pasar, melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Qualcomm dan Fujitsu Jepang.

{Baca juga: Teknologi 5G Jadi Jalan Masuk Ancaman Keamanan Siber}

Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Selasa (14/01/2020), Vingroup JSC bersama Qualcomm dan Fujitsu Jepang bakal memproduksi layanan 5G untuk smartphone di Vietnam.

Beberapa waktu lalu, Vodafone juga meluncurkan layanan 5G di Spanyol. Vodafone bekerja sama dengan Huawei menghadirkan jaringan 5G di 15 kota, termasuk Madrid dan Barcelona.

Peluncuran dilakukan pada 22 Juni 2019. Vodafone mengatakan bahwa Spanyol beruntung karena menjadi negara yang melakukan komersialisasi internet 5G berkecepatan hingga 1Gbps.

{Baca juga: Telkomsel jadi Operator Seluler Terbaik versi OpenSignal}

Vodafone menggunakan peralatan telekomunikasi dari Huawei dan Ericsson untuk pengembangan jaringan tersebut. Huawei memang memiliki bekerjasama dengan banyak perusahaan.

Selain di Spanyol, Huawei juga menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan 5G dengan MTS, perusahaan Rusia, untuk mengembangkan jaringan nirkabel generasi kelima. (SN/MF)

SourceReuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...

Modem Snapdragon X60 Meluncur, Pertama dengan Fabrikasi 5nm

Telset.id, Jakarta - Qualcomm telah meluncurkan modem 5G terbaru, yakni Snapdragon X60. Modem ini merupakan modem 5G ketiga yang diluncurkan oleh...
- Advertisement -
X
X