Ilmuwan AS Rancang Headphone Khusus “Twalking”, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan baru-baru ini sedang mengembangkan headphone untuk “Twalking” atau pejalan kaki yang berjalan sambil terpaku ke layar smartphone. Twalking ini rentan terkena bahaya karena terlalu fokus ke gadget yang dibawanya saat berjalan.

Para ilmuwan dari teknik elektro Universitas Columbia mengatakan, pejalan kaki bisa lebih aman berkat headphone pintar yang mampu menguraikan ratusan suara jalanan dan memberi sinyal bahaya.

Mereka menyatakan, headphone khusus pejalan kaki ini dirancang untuk memangkas jumlah kematian para Twalking. Dalam tujuh tahun terakhir, kematian twalking melesat di Amerika Serikat, bahkan sempat tertinggi pada 2018.

{Baca juga: Anti Mati Gaya! 5 Gadget Ini Wajib Dibawa Saat Liburan}

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (30/12/2019), tim peneliti sekarang sedang menguji headphone prototipe tersebut di jalan-jalan padat kendaraan di New York dalam upaya untuk membalikkan tren.

“Kami sedang menjajaki area baru dalam mengembangkan teknologi murah dan berdaya rendah, yang menciptakan mekanisme peringatan audio untuk pejalan kaki,” terang Fred Jiang, profesor teknik elektro di Universitas Columbia.

Headphone tersebut memiliki mikrofon mini dan pemrosesan sinyal cerdas, yang mendeteksi suara kendaraan yang mendekat. Jika bahaya muncul, sistem akan membunyikan peringatan audio ke headphone pejalan kaki untuk memperingatkan.

{Baca juga: Pemerintah Kecam “Penjajahan” Robot FedEx di New York}

Para ilmuwan mengatakan, penelitian dan pengembangan headphone pintar sangatlah rumit. Perangkat tersebut melibatkan pengembangan data pipa berdaya rendah untuk memproses semua suara yang terdengar di dekat pejalan kaki.

Pipa akan berisi sirkuit terintegrasi yang mengidentifikasi suara relevan dan mengekstraksi isyarat yang benar untuk memberi sinyal bahaya. Para peneliti juga menggunakan teknik sains data paling canggih untuk merancang headset itu. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI