Baidu Tunjuk Samsung untuk Bikin Prosesor AI Canggih

Telset.id, JakartaBaidu menggandeng Samsung untuk menggarap prosesor AI buatan sendiri. Prosesor bernama Baidu KUNLUN ini nantinya akan dirancang bersama-sama oleh salah satu perusahaan terbesar asal China tersebut bersama Samsung.

Sekadar informasi, Samsung memang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang telah memproduksi prosesor sendiri.

Pabrikan asal Korea Selatan ini punya SoC Samsung Exynos yang disematkan pada smartphone berbagai segmen yang beredar, termasuk di Indonesia.

Berbekal pengalaman yang cukup kompeten dalam merancang dan memproduksi prosesor, maka tak salah kalau Baidu menunjuk Samsung untuk membantu mereka merancang prosesor AI sendiri.

“Kami sangat bersemangat untuk memimpin industri HPC bersama dengan Samsung Foundry,” ujar OuYang Jian, Distinguished Architect of Baidu, seperti yang dikutip dari laman blog Samsung, Kamis (19/12/2019).

{Baca Juga: Kalahkan Apple A13 Bionic, Ini Skor AnTuTu Snapdragon 865}

Adapun Baidu KUNLUN nantinya akan digunakan pada sistem komputasi cloud, edge dan AI milik Baidu. Prosesor Baidu KUNLUN merupakan SoC dengan basis fabrikasi 14nm yang menjanjikan solusi akselerasi GPU / FPGA tiga kali lebih cepat dibandingkan prosesor konvensional untuk menjalankan model neural Baidu.

Baidu Samsung

Baidu KUNLUN akan menawarkan bandwidth memori 512GBps melalui teknologi I-Cube Samsung, yang terhubung ke memori HBM 2 yang cepat. KUNLUN akan mampu beroperasi hingga 260 Tera operasi per detik (TOPS) dengan konsumsi daya 150 watt.

“Baidu KUNLUN adalah proyek yang sangat menantang karena tidak hanya membutuhkan tingkat keandalan dan kinerja yang tinggi pada saat yang sama, tetapi juga merupakan kompilasi teknologi paling maju di semikonduktor,” jelas OuYang Jiang

“Berkat teknologi proses seni canggih dari Samsung dan layanan Foundry yang kompeten, kami dapat memenuhi dan melampaui tujuan kami untuk menawarkan pengalaman pengguna AI yang unggul,” lanjutnya.

{Baca Juga: Makin ‘Ngebut’, Ini Spesifikasi Lengkap Snapdragon 865}

Bagi Samsung, ini merupakan momen bagus untuk memperluas bisnis produk semikonduktor mereka. Dengan Baidu sebagai mitra terbaru yang akan segera membuat chipset, Samsung akan semakin dikenal luas sebagai salah satu produsen semikonduktor ternama di dunia.

“Baidu KUNLUN adalah tonggak penting bagi Samsung Foundry karena kami memperluas area bisnis kami di luar aplikasi mobile ke pusat data dengan mengembangkan dan memproduksi chip AI secara massal,” ujar Ryan Lee selaku Vice President of Foundry Marketing Samsung Electronics. (IR/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X