Review Vivo S1 Pro: Desain & Performa Mantap, Kamera Perlu Upgrade

Fitur

Serupa dengan seri smartphone Vivo lainnya, pengguna bisa melakukan screenshot layar dengan mudah menggunakan 3 jari. Caranya, cukup lakukan swipe dari bawah ke atas dengan 3 jari yang dirapatkan.

Membahas seputar fitur lainnya, kami menemukan bahwa S1 Pro sudah mendukung fitur Dark Mode. Dikombinasikan dengan layar Super AMOLED, tampilan antarmukanya, beserta beberapa aplikasi yang ada langsung berubah menjadi serba hitam.

Akan tetapi, kami menemukan kehadiran fitur ini seperti terkesan dipaksakan. Dark Mode juga ikut mengubah warna ikon pada beberapa aplikasi, yang seharusnya tetap cerah menjadi ikut-ikutan gelap.

Akibatnya, beberapa aplikasi justru menjadi agak sulit digunakan karena warnanya ikonnya berubah menjadi serba hitam.

Buat Anda yang doyan nge-game, Vivo telah menyertakan fitur Ultra Game Mode. Fitur ini berguna untuk memaksimalkan kinerja smartphone saat digunakan untuk gaming. Ultra Game Mode akan langsung aktif saat Anda menjalankan game.

Ultra Game Mode juga dapat digunakan untuk memblokir notifikasi yang masuk dan berpotensi mengganggu kegiatan gaming Anda. Bahkan ada fitur “Auto Reject”, yang memungkinkan Anda untuk menolak semua telepon yang masuk saat Anda tengah menikmati permainan.

{Baca juga: Review Realme 5 Pro, “Si Serba Cepat” dengan Quad Camera}

Terdapat pula fitur eSports Mode. Lewat fitur tersebut, aplikasi akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di background, kecuali game yang sedang dimainkan. Sehingga performa maksimal smartphone bisa tercurahkan seluruhnya ke game tersebut.

Fitur menarik lainnya yang kami temukan dalam Vivo S1 Pro adalah Digital Wellbeing dan Parental Control. Fitur itu dihadirkan untuk membantu pengguna mencegah kecanduan pada smartphone.

Melalui fitur Digital Wellbeing, pengguna bisa memantau berapa lama waktu yang dihabiskan saat menggunakan smartphone. Mereka juga bisa melihat aplikasi atau game apa saja yang menyedot banyak waktu.

Sedangkan pada fitur Parental Control, fitur itu sangat berguna untuk pengguna yang ingin memberikan akses smartphone ke anak misalnya. Pengguna memiliki kuasa penuh untuk melihat dan membatasi konten apa saja yang bisa diakses.

Kesimpulan

Vivo S1 Pro bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari smartphone kelas menengah dengan desain anti-mainstream. Desain kamera Diamond Shape sukses membuat Vivo S1 Pro tampil beda dari smartphone kebanyakan.

Pun demikian bagi Anda yang membutuhkan performa, kombinasi Snapdragon 665, RAM 8GB, dan memori internal mencapai 128GB sangat bisa diandalkan. Mulai dari melakukan beragam tugas harian, hingga gaming, S1 Pro bisa diandalkan.

Sayangnya, sektor kamera terasa kurang maksimal saat digunakan. Seperti beberapa masalah yang kami temukan pada kesulitan mengunci fokus objek dan juga cahaya. Sepertinya ini yang mesti dibenahi oleh pihak Vivo melalui pembaruan software.

Vivo S1 Pro dibanderol dengan harga Rp 3.999.000. Terbilang cukup mahal untuk sajian spesifikasi di atas. Sebagai perbandingan, Realme 5s dengan spesifikasi yang tak jauh beda, dihargai “hanya” Rp 2,6 juta. Tetapi, pilihan tetap di tangan Anda ya, Sob! (HLM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI