Review Vivo S1 Pro: Desain & Performa Mantap, Kamera Perlu Upgrade

Performa

Review Vivo S1 Pro

Seperti yang kami bilang, pengguna beli ponsel bukan untuk mendapatkan desain kameranya saja yang unik. Makanya Vivo pun memberikan “bonus” berupa desain secara keseluruhan yang oke, dan spesifikasi cukup mumpuni.

Vivo menanamkan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sebagai “otaknya”, Vivo mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 665. Sementara sistem operasinya menggunakan Android Pie 9 yang dilapisi user interface andalan Vivo, FunTouch OS 9.

Kami tidak lupa untuk melakukan pengujian menggunakan aplikasi benchmark. Mulai dari AnTuTu Benchmark, PCMark, dan 3DMark. Berikut ini gambaran performa Vivo S1 Pro dalam bentuk angka yang dihasilkan melalui pengujian:

Review Vivo S1 Pro

Sebenarnya kami cukup menyayangkan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 665. Padahal pendahulunya, Vivo S1 dibekali dengan MediaTek Helio P65 yang notabene memiliki performa sedikit lebih tinggi.

Atau mungkin bisa jadi, pemilihan SoC ini untuk membuat Vivo S1 Pro jauh lebih hemat daya. Sebab, Snapdragon 665 dirancang dengan fabrikasi 11nm yang lebih mantap efisiensi dayanya dibandingkan Helio P65 dengan fabrikasi 12nm.

Sebagai sumber dayanya, terbenam baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Kami melakukan pengujian dengan menggunakan PCMark for Android dengan memanfaatkan mode Work 2.0 Battery. Pengujian ini merupakan simulasi dari penggunaan smartphone sehari-hari, guna mengetahui seberapa lama daya baterai mampu bertahan.

Hasilnya, untuk pengujian menggunakan aplikasi PCMark, Vivo S1 Pro mendapatkan rata-rata durasi penggunaan yang mencapai 14 jam 6 menit.

Vivo S1 Pro

{Baca juga: Review Redmi Note 8: Pilihan Paling Menarik di Kelas Mid-range}

S1 Pro juga sudah didukung teknologi fast charging yang Vivo sebut sebagai dual-engine fast charging. Seberapa cepatkah proses pengisian dayanya?

Saat kami pantau dengan bantuan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone dengan baterai 4.500 mAh mampu terisi dari 6% hingga 100% dalam waktu kurang lebih 2 jam, atau tepatnya 1 jam 56 menit.

Selesai melakukan benchmark, kami pun menggunakannya sebagai daily driver. Selama menjadi smartphone yang kami gunakan sehari-hari, kami tidak menemukan kendala sama sekali, khususnya pada proses multitasking antar aplikasi.

Begitu juga dengan ruang penyimpanan yang menurut kami lebih dari cukup untuk menyimpan aplikasi dan juga file milik pengguna. Jika toh masih juga dirasa kurang, masih ada slot memori yang sanggup menampung microSD hingga 256GB.

Beberapa game juga sempat kami mainkan. Mulai dari Mobile Legends, King of Fighters All Stars, hingga PUBG Mobile.

Untuk game Mobile Legends, setting grafis tertinggi sanggup dilahap oleh Vivo S1 Pro. Namun untuk PUBG Mobile, pengaturan grafiknya hanya mentok di Balanced dengan frame rate maksimal Medium.

Catatan lain yang kami temukan adalah, menikmati konten video di Vivo S1 Pro memang begitu memanjakan mata berkat adanya panel Super AMOLED. Namun, tidak demikian untuk telinga. Sebab, menurut kami, kualitas audio yang disemburkan dari speaker Vivo S1 Pro jauh dari kata memuaskan.

Suara yang keluar dari speaker terasa kurang bulat dan kurang nyaman di telinga. Bukannya jelek, hanya lebih ke arah kurang memuaskan.

Kamera

Vivo S1 Pro punya konfigurasi empat kamera utama. Mulai dari kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP.

Kamera dengan sensor 48MP di smartphone tersebut kami nilai mampu mengabadikan gambar dengan detail yang lumayan oke. Terlebih, saat kami gunakan di kondisi ruangan dengan pencahayaan yang baik.

Vivo juga sudah membekali smartphone ini dengan fitur AI Scene Recognition yang mampu membaca skenario pengambilan foto, guna memaksimalkan hasil jepretan kamera.

Sedikit kekurangannya, kami kerap kali kesulitaan saat mengunci fokus dan pencahayaan pada objek saat sedang memotret. Masalah ini sempat membuat kami cukup jengkel, apalagi saat kami butuh mengabadikan momen dengan cepat, seperti foto liputan, dan lainnya.

Meski sudah mendukung mode makro, namun saat kami mencoba, hasilnya nihil. Kami sama sekali tidak bisa mengunci fokus objek saat mengaktifkan mode makro, meski sudah berjarak 4cm dari objek, sebagaimana yang disarankan oleh Vivo.

Berikut ini beberapa hasil kamera belakang Vivo S1 Pro:

Hasil Kamera Belakang Vivo S1 Pro

Sedangkan untuk keperluan berselfie, Vivo S1 Pro sudah dilengkapi kamera depan dengan sensor 32MP. Tak ketinggalan fitur AI beauty bagi pengguna yang membutuhkan sentuhan agar selfienya terlihat maksimal.

Buat Anda yang doyan bergaya di depan kamera, Vivo S1 Pro sudah dibekali dengan fitur Pose Master. Nah, fitur ini bisa membantu Anda memilih berbagai pose selfie yang tersedia dan tinggal Anda tiru.

{Baca juga: Review Redmi Note 8 Pro: Comeback Sempurna dari Xiaomi}

Overall, kami tak menemui kendala berarti dari kamera depan Vivo S1 Pro. Masih sangat bisa diandalkan untuk Anda yang doyan berselfie ria. Berikut ini hasil jepretan kamera depan Vivo S1 Pro:

Hasil Kamera Depan Vivo S1 Pro

Satu lagi kekurangan kamera Vivo S1 Pro. Entah lupa atau bagaimana, Vivo belum melengkapinya dengan fitur Night Mode yang membantu pengambilan gambar di malam hari.

Padahal, kompetitor mereka yang memiliki banderol harga lebih rendah justru sudah menawarkan fitur satu ini. Hmm.. sepertinya memang masih banyak yang pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki Vivo di sektor kamera Vivo S1 Pro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI