Review Dell G7 15 7590 (2019): Gaming Lancar, Kerja Handal!

Pengujian

Benchmark

Untuk menguji performanya dalam review Dell G7 15 2019 ini, kami melakukan serangkaian tes benchmark dengan menggunakan beberapa aplikasi. Diantaranya yaitu Cinebench R15, 3DMark Fire Strike, PCMark dan Crystal Disk. Pengujian kami lakukan dengan mode power “Best Performance”, dan berikut hasil tes benchmark Dell G7 15 7590 (2019).

Cinebench R15

Cinebench adalah aplikasi software yang digunakan untuk mensimulasikan proses render 3D yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat notebook. Angka yang ditampilkan mewakili seberapa hebat perangkat dalam memproses render 3D, yang tentunya semakin tinggi angkanya akan semakin baik. Dalam pengujian Cinebench dapat menampilkan pengujian CPU dan juga Open GL.

 

3DMark Fire Strike

3DMark adalah aplikasi benchmark yang mensimulasikan kinerja proses grafis yang dapat dilakukan pada sebuah perangkat. Semakin tinggi angka yang dihasilkan tentu semakin baik.

Review Dell G7 15 7590

 

PCMark

PCMark adalah aplikasi benchmark yang akan menampilkan skor untuk mewakili kinerja perangkat pada penggunaan sehari-hari. Seperti misalnya browsing, video conference, edit foto edit video, texting, membuat dan menampilkan slide, serta juga melakukan penghitungan.

 

CrystalDiskMark

Aplikasi ini untuk mengukur kemampuan memori pada sebuah perangkat. Aplikasi akan bekerja untuk menilai seberapa cepat kemampuan baca dan tulis memori yang digunakan pada perangkat tersebut. Semakin tinggi angka yang dihasilkan tentu semakin baik. 

Dari hasil yang ditampilkan di atas jelas jika performa laptop Dell G7 15 ini sangatlah tinggi. Baik dari segi CPU maupun GPU, keduanya memiliki angka benchmark yang cukup melampaui laptop-laptop lain saat ini. Wajar saja, sebab dapur pacu yang membekalinya memang tak main-main. Yaitu prosesor Intel Core i7 generasi ke-9 dan GPU Nvidia RTX 2060.

{Baca juga: Sasar Pengguna Profesional, Berapa Harga Dell XPS 13 2-in-1?}

 

Dell G7 15 2019

Kami mencoba memainkan beberapa game, seperti Counter Strike: Global Offensive, dengan setting grafis rata kanan, dan sepertinya laptop ini bisa dengan sangat mudah menjalankan game tersebut tanpa kendala.

Dapat Anda lihat, saat bermain CS:GO, laptop ini mampu menjalankannya hingga 150 FPS. Game lain yang juga kami uji adalah Battlefield I, dimana game ini juga dapat dilahap dengan mudah di laptop yang satu ini.

Pada game The Witcher 3: Wild Hunt dengan setting grafis tertinggi, laptop ini mampu menjalankan game dengan frame rate 60FPS. Sedangkan di PES 2020, saat game di jalankan dengan kualitas grafis tertinggi, laptop ini mampu menjalankannya dengan stabil di frame rate 144 FPS.

Bukan hanya untuk bermain game, kebutuhan lain seperti render video juga bisa lancar dilakukan dengan laptop ini. Kami menguji dengan melakukan rendering video sederhana yang berdurasi sekitar 25 menit. Dan laptop ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk merender video tersebut, dalam mode power “Best Performance.”

Baterai Test

Pengujian baterai yang kami lakukan dalam review Dell G7 15 2019 yaitu dengan memutar video beresolusi 1080p secara looping dari baterai penuh hingga kosong. Dan laptop ini rupanya dapat bertahan selama kurang lebih sekitar 4 jam dengan mode “Better Performance”.

Angka ini cukup baik, karena sebenarnya dengan mode tersebut kita juga sudah dapat menjalankan aplikasi seperti editing foto dengan photoshop, ataupun editing video. Jadi, daya tahan baterai dari laptop ini cukup baik untuk kebutuhan kerja dengan waktu sekitar 3-4 jam.

Sedangkan untuk pengisian, laptop ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh. Tentunya ini tergolong cepat, apalagi adaptor pengisian dayanya memang cukup besar yaitu 180 W.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI