Redmi 8 vs Redmi 8A: Duo Low-end Menarik di Penghujung Tahun

Telset.id, Jakarta – Usai Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro yang dipersiapkan untuk bersaing di segmen menengah, Xiaomi menghadirkan amunisi baru. Brand asal China ini membawa Redmi 8 dan Redmi 8A untuk “bertarung” di kelas entry-level dan low-end di Indonesia.

Redmi 8A di Indonesia menjadi versi murah yang dibawa Xiaomi untuk menemani “sang kakak”, Redmi 8. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1,3 jutaan. Sedangkan Redmi 8, dihargai mulai dari Rp 1,7 jutaan.

Dilepas dengan harga yang berbeda, lantas apa sih perbedaan antara keduanya? Oleh sebab itu, tim Telset.id akan sedikit mengulas perbandingan Redmi 8A vs Redmi 8.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Dalam tulisan compare ini, kami akan mengulas dari sisi desain, spesifikasi, hingga kameranya. So, simak baik-baik!

Desain

Redmi 8 dan Redmi 8A di Indonesia mengusung layar dan desain depan yang tergolong mainstream. Redmi 8 punya layar berukuran 6,22 inci, sementara Redmi 8A dibekali layar 6,2 inci. Kedua layarnya punya resolusi yang sama, yakni HD+ dan telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Desain layarnya memanjang, dan punya notch di bagian atasnya sebagai tempat bagi kamera depan. Bezel di sisi kiri dan kanan lumayan tipis, tapi untuk dagu, cukup tebal. Nah, berbicara soal bagian dagu atau bezel bawah, terdapat logo Redmi yang mengingatkan kita pada desain smartphone Nokia kelas menengah.

{Baca juga: Resmi! Redmi 8 dan Redmi 8A Ramaikan Segmen Entry Level}

Pindah ke bagian belakang, barulah terdapat perbedaan yang cukup signifikan. 8A punya body dengan warna matte, sedangkan Redmi 8 dikemas dalam body yang jauh lebih gonjreng atau glossy.

Redmi 8 hadir dalam tiga varian warna glossy, Sapphire Blue, Ruby Red, dan Onyx Black. Sementara Redmi 8A menawarkan tiga opsi warna, yakni Ocean Blue, Sunset Red, Midnight Black.

{Baca juga: Resmi Meluncur, Redmi 8A Dibandrol Rp 1.4 Juta}

Perbedaan lain di bagian belakang adalah bentuk frame kamera dan kehadiran sensor sidik jari. Redmi 8 memiliki frame berwarna hitam sebagai tempat bagi dua kamera, sensor sidik jari dan logo Redmi. Letak frame ini tepat di bagian tengah body, mirip seperti Redmi Note 8 Pro.

Sementara seri yang murah, punuya frame minimalis di bagian tengah. Isi frame tersebut hanyalah kamera dan LED Flash saja. Intinya, Redmi 8 terlihat lebih mewah, sementara 8A jauh lebih sederhana dan minimalis.

Spesifikasi dan Kamera

Apabila membahas dari sisi prosesornya, kedua smartphone ini punya jenis SoC yang sama, yakni Qualcomm Snapdragon 439. Prosesor tersebut sama dengan Redmi 7A yang dirilis pada Agustus lalu di Tanah Air.

Begitu juga dengan baterai. Kedua smartphone tersebut ditopang oleh baterai berkapasitas 5,000 mAh dan didukung oleh fast charging berkecepatan 18W.

{Baca juga: Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Redmi 8}

Konfigurasi berbeda justru berada di sektor RAM dan memori penyimpanan. Sang kakak punya konfigurasi 3GB/32GB dan 4GB/64GB, sementara Redmi 8A hanya 2GB dan memori internal 32GB. Keduanya juga telah berjalan di atas MIUI 11 berbasis Android Pie.

Mengulas soal kamera. Keduanya pun punya konfigurasi kamera yang cukup jauh berbeda. Redmi 8 punya total tiga kamera, sementara sang adik hanya 2 kamera saja.

Seri 8 mengadopsi teknologi dual-camera dengan lensa utama 12MP aperture f/1.8 dan lensa depth 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya, hanya 8MP aperture f/2.0.

{Baca juga: Pakai Snapdragon 439, Ini Hasil Tes Benchmark Redmi 8}

Lalu untuk 8A, punya lensa 12MP aperture f/1.8 di belakang, dan 8MP di bagian depan. Seluruh kamera smartphone Redmi terbaru ini telah didukung oleh teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

Rencananya, penjualan perdana Redmi 8 dan Redmi 8A dimulai pada tanggal 12 Desember 2019 di Shopee, Mi.com, dan authorized Mi Store. Untuk penjualan offline akan diumumkan segera. (FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Microsoft Akui Berminat Akuisisi TikTok

Telset.id, Jakarta – Microsoft akhirnya mengakui berminat untuk akuisisi TikTok. Pengakuan tersebut disampaikan melalui postingan di situs resmi perusahaan....

MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center

Telset.id, Jakarta - MediaTek mengumumkan ketersediaan prosesor MT3729 untuk data center. Chipset ini dirancang kebutuhan transmisi data cepat, tetapi...

Black Shark 3S Telah Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Telset.id, Jakarta - Black Shark 3S telah resmi diperkenalkan dengan membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dari seri Black Shark 3. Ponsel gaming...

Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch

Telset.id, Jakarta – Anda bisa menonton video klip original dari musisi internasional di Facebook Watch. Selama ini, pengguna hanya...

Biar Cuan, Twitter Kasih Fitur Khusus untuk Pengguna Premium

Telset.id, Jakarta – Ke depannya, pengguna Twitter Premium bakal punya akses ke fitur khusus. Fitur tersebut merupakan keistimewaan yang didapatkan...
- Advertisement -