Qualcomm Umumkan Snapdragon 865 dan Snapdragon 765

Telset.id, Jakarta – Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan kehadiran platform mobile terbaru mereka di ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019. Dua mobile platform yang diperkenalkan oleh Qualcomm yaitu Snapdragon 865 dan Snapdragon 765.

Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 memiliki segmen yang berbeda. Tentu saja, Snapdragon 865 dari seri Snapdragon 800 akan menjadi chipset untuk kategori flagship.

{Baca juga: Oppo Reno3 Pro Segera Meluncur, Diotaki Snapdragon 765G}

Chipset ini hadir mengunggulkan konektivitas 5G, dengan mengadopsi modem 5G terbaru yaitu Modem Snapdragon X55.

Namun demikian modem ini akan hadir sebagai opsi terpisah, yang dapat dipasang sesuai kebutuhan pada smartphone.

Perhatian khusus juga diberikan pada fungsi kamera. Dengan Image Signal Processor (ISP)  terbaru, dapat memproses data gambar hingga 2 gigapixels per detik. Ini akan memungkinkan kecepatan perekaman 8K 30fps, dengan 64 megapiksel tersedia untuk setiap gambar video.

Sementara dari sisi CPU dan GPU, meski belum menyebutkan secara detail peningkatan performa yang ditawarkan dibandingkan dari generasi sebelumnya, Snapdragon 865 tentu akan menjadi chipset mobile  dengan performa terbaik.

Rencananya chipset ini akan digunakan pertama pada perangkat smartphone Xiaomi Mi 10. Co-founder & Vice Chairman Xiaomi, Lin Bin sempat naik ke atas panggung saat press conference Snapdragon Tech Summit 2019 berlangsung.

Selain Mi 10, beberapa perangkat smartphone lain juga dikabarkan akan segera mengadopsi chipset ini, antara lain Samsung Galaxy S11, Pixel 5, LG G9, Galaxy Note 11, Oneplus 8, dan banyak lagi.

{Baca juga: Oppo Pamer Smartphone 5G dengan Snapdragon 865}

Sementara untuk Snapdragon 765, chipset ini tentu saja akan menjadi produk chipset di kategori kelas menengah premium. Hadir dalam dua varian yaitu Snapdragon 765 standar dan Snapdragon 765 5G. Untuk Snapdragon 765 5G sudah terintegerasi dengan modem 5G Snapdragon X2.

Chipset ini digadang-gadang akan digunakan pertama kali oleh vendor OPPO, yaitu untuk smartphone terbaru mereka yang tengah dipersiapkan, Reno3 Pro. Beberapa vendor smartphone lain yang akan menggunakan chipset ini yaitu realme, Vivo, Nokia dan juga Motorola. [IR/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI