Yeayy! Ponsel 2G Kini Bisa Akses Google Assistant

Telset.id, Jakarta – Di acara Google for Indonesia, Google menghadirkan sejumlah kemampuan baru untuk Google Assistant. Salah satu kemampuan baru yang dinilai hebat dan bisa menjangkau semua orang adalah, Phone Line.

Diungkapkan Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead, Phone Line merupakan fitur yang memungkinkan pengguna, khususnya yang masih memakai ponsel 2G untuk mengakses Google Assistant dengan mudah.

Pengguna dapat mengetahui informasi atau memberikan perintah standar melalui ponsel mereka. Hebatnya, Phone Line dapat bekerja dengan baik meskipun tidak terhubung ke internet.

{Baca juga: Google for Indonesia: Intip Inovasi Google untuk Indonesia}

“Google Assistant memiliki fitur Phone Line untuk membantu pengguna ponsel 2G mendapatkan informasi berguna dari Google,” katanya, di acara Google for Indonesia, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

“Layanan ini bisa bekerja tanpa menggunakan data atau bahkan koneksi internet,” jelasnya.

Untuk menghadirkan fitur ini, Google menggandeng Indosat Ooredoo. Nantinya, pengguna Indosat Ooredoo dapat menghubungi layanan bebas pulsa 696 dari ponsel mereka.

Di sana, pengguna dapat menanyakan berbagai hal ke asisten Google berbasis Artificial Intelligence (AI) itu, seperti informasi dan berita, skor pertandingan sepak bola, fakta menarik, dan lainnya.

Meskipun demikian, Nimesh menyatakan bahwa fitur Phone Line di Google Assistant baru tersedia di beberapa kota saja, seperti Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang.

{Baca juga: Mendikbud Nadiem: Google, Jadikan Indonesia Prioritas Nomor Satu}

“Akses 696 bisa digunakan kapan saja. Tapi, baru untuk pengguna Indosat Ooredoo di beberapa kota saja. Kami berjanji akan menghadirkannya lebih luas lagi, segera,” ucapnya.

Selain fitur tadi, Google Assistant juga punya kemampuan lain yang tak kalah menarik. Seperti, terhubung ke aplikasi pihak ketiga untuk membantu pengguna melakukan lebih banyak aktivitas secara langsung.

Gojek dan Gofood misalnya, pengguna kini bisa secara langsung memesan makanan Gofood ataupun memanggil layanan transportasi online secara langsung via Google Assistant.

“Kami bekerja sama dengan brand lokal seperti Gojek, BCA, JNE, dan lainnya. Pengguna kini bisa mengecek saldo BCA, memesan Gofood, memanggil Goride dengan bantuan Assistant,” ungkap Nimesh.

Phone Line

Fitur lainnya yang diperkenalkan adalah kontrol yang lebih besar untuk pengguna terhadap privasi mereka masing-masing. Nimesh mengatakan, saat ini pengguna bisa menghapus seluruh aktivitas ataupun riwayat perintah di Google Assistant melalui perintah sederhana.

Cukup mengatakan, “Ok Google, hapus hal terakhir yang saya bilang” atau “Ok Google, hapus semua hal yang saya katakan minggu lalu”, seluruh riwayat pencarian yang diperintahkan akan langsung dihapus seketika. (FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

MUI Bantah Keluarkan Fatwa “Netflix Haram”

Telset.id, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) membantah telah mengeluarkan fatwa haram untuk layanan streaming Netflix. MUI mengatakan hingga...

XL Ajarkan Bijak di Media Sosial dan Internet pada 100 Sekolah

Telset.id, Jakarta - XL Axiata ingin anak-anak Indonesia dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif. Karyawan XL memberikan edukasi...

7 Aplikasi Antivirus Paling Ampuh untuk Smartphone

Telset.id, Jakarta - Virus sudah menjadi momok bagi pengguna smartphone. Virus mampu merusak sistem perangkat lunak dan data pengguna....

Mau Simpan Status WhatsApp yang Lucu-lucu, Begini Caranya!

Telset.id - Sering kali kita menemukan status WhatsApp lucu yang dibagikan oleh teman-teman kita. Akan tetapi, status ini hanya...

Inggris Cuekin Ajakan AS Soal Proyek 5G Huawei

Telset.id, Jakarta - Inggris tampaknya tak peduli atas ajakan Amerika Serikat (AS) untuk embargo Huawei. Pasalnya, para pejabat Inggris...
- Advertisement -